Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Digital Talent Sholarship (DTS) Di Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dan memanfaatkan perangkat digital untuk mempromosikan hasil produksinya. Himbauan ini disampaikan Plt. Dinas Kominfo Kab. Deli Serdang Safi’i Sihombing, S.IP, M.AP pada acara pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan bagian dari program Digital Talent Sholarship (DTS), di Hotel Miyana Kabupaten Deli Serdang, 21/04/2021.

Pelatihan DEA ini diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan  bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang. Pelatihan ini diikuti  80 orang pelaku UMKM yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 21 s.d. 22 April 2021

Acara pembukaan dihadiri Plt. Dinas Kominfo Kab. Deli Serdang Safi’i Sihombing, S.IP, M.AP, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si. dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab. Deli Serdang, Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd.

Plt. Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang dalam paparannya menjelaskan Infrastruktur digital untuk mendukung keberhasilan perdagangan digital (e-commerce) yaitu perdagangan berbasis elektronik merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

Selanjutnya Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab. Deli Serdang, Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd. dalam paparannya mengenai Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Beliau mengatakan, “Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan dapat menguasai teknik, prinsip, dan pengetahuan proseduran tentang penggunaan teknologi informasi dan mampu secara mandiri mendesain proses bisnis dalam suatu sistem informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung pengendalian manajemen dan pengambilan keputusan dengan pendekatan siklus pengembangan sistem (System Development Life Cycle)”.

Pada penutupan pelatihan ini Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Bapak Hari Budiarto menyempatkan diri hadir untuk memberikan sambutannya dan sekaligus menutup pelatihan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa program Digital Entrepreneurship Academy merupakan salah satu bagian dari program Digital Talent Scholarship 2021 Kementerian Kominfo. Sedangkan program DTS lainnya adalah Thematic Academy (TA), Professional Academy (PROA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Government Transformation Academy (GTA), Talent Scouting Academy (TSA) dan Digital Leadership Academy (DLA).

Lanjutnya lagi, “Pemerintah Indonesia telah menetapkan sepuluh target Indonesia Digital untuk tahun 2021–2024 yang harus dicapai pada tahun 2024. Untuk merealisasikannya, dibutuhkan kolaborasi yang erat antar pemangku kepentingan utama, baik sektor publik maupun swasta. Kesepuluh target Indonesia Digital di tahun 2024 tersebut adalah sebagai berikut tambahan pertumbuhan PDB hingga 1% pertahun dari pertumbuhan dasar pada tahun 2024, 2,5 juta lapangan kerja tambahan tercipta diatas pertumbuhan dasar, 600.000 talenta digital yang dilatih setiap tahun, dan 50% usaha mikro, kecil dan menengah / ultra mikro (UMKM/Umi) terigitalisasi”.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *