Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Digital Talent Sholarship (DTS) Di Kabupaten Deli Serdang

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dan memanfaatkan perangkat digital untuk mempromosikan hasil produksinya. Himbauan ini disampaikan Kabid TIK. Ronald Manurung pada acara pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan bagian dari program Digital Talent Sholarship (DTS), di Hotel Miyana Kabupaten Deli Serdang, 23/11/2020.

Pelatihan DEA ini diselenggarakan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan  bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang. Pelatihan ini diikuti  40 orang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dimulai tanggal 23 s.d. 24 November 2020

Acara pembukaan dihadiri Kabid TIK. Ronald Manurung, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan dalam paparannya menjelaskan mengenai penguatan skill UKM dalam industri kreatif dengan transformasi digital perlu dilakukan dalam perubahan budaya organisasi dan operasional dari suatu organisasi, industri atau ekosistem melalui integrasi cerdas dari teknologi digital. Dengan memanfaatkan teknologi  dapat menciptakan  nilai dan  layanan baru bagi berbagai pemangku kepentingan, berinovasi dan memperoleh kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap keadaan yang berubah.

Selanjutnya Kabid TIK. Ronald Manurung dalam paparannya mengenai peranan digital entrepreneur dalam pembangunan ekonomi menjelaskan, Digital entrepreneur yang menggambarkan bagaimana kewirausahaan akan berubah karena bisnis dan masyarakat mentransformasikan teknologi digital. Untuk keberhasilan seorang entrepreneur yang perlu dilakukan  adalah dengan memperkenalkan produk baru dengan kualitas baru, memperkenalkan metode produksi baru, membuka pasar baru, memperoleh sumber pasokan baru dari bahan baru, menjalankan organisasi baru  dalam  industri. Diharapkan, dengan terselenggaranya program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship ini dapat meningkatkan kompetensi para UMKM yang beriinovasi dan kreatif serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi dalam memasarkan produknya.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *