Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Digital Talent Sholarship (DTS) Di Kota Batam

Pemerintah Kota Batam mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) untuk dapat mengembangkan usahanya dan memanfaatkan perangkat digital untuk mempromosikan hasil produksinya. Himbauan ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah, ST., MT pada acara pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan bagian dari program Digital Talent Sholarship (DTS), di Hotel Nagoya Mansion Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 29/04/2021.

Pelatihan DEA ini diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Batam. Pelatihan ini diikuti 79 orang pelaku UMKM yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 29 s.d. 30 April 2021.

Acara pembukaan dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah, ST.,MT Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si. dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Batam, Chandra Wibawa, S.P.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Batam, Chandra Wibawa, S.P dalam paparannya menjelaskan Peningkatan Pemanfaatan Marketplace untuk Penguatan Ekosistem Ekonomi Digital berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Permasalahan umum masalah kelembagaan (Pengurus, pengawas, pengelola, anggota dan pelaksanaan RAT, peraturan pelaksanaan terhadap prinsip dan jati diri koperasi) dan kurangnya sosialisasi perkoperasian, lemahnya manajemen perkoperasian dan belum berjalannya fungsi pemeriksaan dan pengawasan KSP/USP Koperasi.

Selanjutnya Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah,ST.,MT dalam paparannya mengenai Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Digital untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Beliau mengatakan, “Dari total 274,9 juta penduduk indonesia, 170 juta menggunakan media sosial (61,8% penduduk melek/aktif menggunakan media sosial), pengguna aktif media sosial tumbuh sebesar 10 juta (6,3%), pengguna internet di Indonesia tumbuh 27 juta (15,5%) menjadi 202,6 juta dan generasi milineal (generasi Y dan Z) mendominasi penggunaan medsos (rentang usia 25-34 tahun)”.

Selanjutnya salah satu transformasi digital pemerintah kota batam dapat dilihat pada aplikasi disdukcapil. Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai dokumen kependudukan, dengan melakukan pendaftaran login terdahulu dan masyarakat dapat melakukan permohonan untuk pengurusan dokumen yang dibutuhkan seperti : Pengurusan Dokumen seperti KTP, Akta Kelahiran, Akta Pencarian, Surat Pindah dll.

Pada penutupan pelatihan ini Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si menyempatkan diri hadir untuk memberikan sambutannya dan sekaligus menutup pelatihan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa program Digital Entrepreneurship Academy merupakan salah satu bagian dari program Digital Talent Scholarship 2021 Kementerian Kominfo, semoga ilmu yang diberi dari Instruktur kepada peserta DEA bermanfaat dan semoga menjadi berkah bagi kita semua.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *