Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) 2023 Provinsi Kepulauan Riau
  • By Eki Yoan
  • June 3, 2023
  • No Comments

Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) 2023 Provinsi Kepulauan Riau

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kepulauan Riau bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Government Transformation Academy (GTA). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel CK Tanjungpinang, pada tanggal 29 Mei hingga 02 Juni 2023.

Acara ini dihadiri oleh Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Bapak Yusrizal, S.Kom., M.Eng., Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo, Bapak Dr. Eng. Hary Budiarto, M. Kom, IPM. secara daring dan dibuka oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Drs. Sardison, M.TP.

Dalam sambutannya Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Drs. Sardison, M.TP, berpesan kepada peserta “Revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E- Government, yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya. SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel.”

Dalam sambutannya, Plt Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal, S.Kom., M.Eng. menerangkan “Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) merupakan program pengembangan SDM yang bertujuan meningkatkan kompetensi ASN, TNI, dan Polri untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Kementerian/Lembaga/Dinas di lingkungan Pemerintah daerah, TNI, dan Polri dengan Skema pelatihan yang dirancang bagi tingkat intermediate skill dan advance skill. Pelatihan GTA ini terdiri atas 3 skema pelatihan, yakni Manajemen Risiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE); Sistem Manajemen Layanan TI, dan Fasilitator Pembelajaran Digital yang dilaksanakan melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Badan Pengembangan SDM yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tangal 29 Mei s.d 2 Juni 2023 dengan metode pelatihan live session (tatap muka) dan Self Learning (pembelajaran mandiri) dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS).