Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) di Aceh Besar Dukung Wujudkan Transformasi Digital Sektor Pemerintah
  • By Eki Yoan
  • September 19, 2023
  • No Comments

Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) di Aceh Besar Dukung Wujudkan Transformasi Digital Sektor Pemerintah

Sebanyak 114 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar telah selesai mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA) yang diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kementerian Komunikasi Informatika RI yang dilaksanakan pada 19 hingga 23 September 2022.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Dr. Christiany Juditha, S.Sos., M.A. menyampaikan dalam sambutannya bahwa salah satu rangka dalam mewujudkan  transformasi digital di sektor pemerintahan digital adalah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama,” ujar Itha saat menghadiri kegiatan pembukaan pelatihan GTA di Aula Dekranasda, Jl. Bandara Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (19/09/2023).

Lebih lanjut, Itha menjelaskan bahwa Pelatihan GTA ini terdiri atas 2 skema pelatihan, yakni Manajemen Resiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilaksanakan melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Aceh Besar yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tangal 19 s.d 23 September 2023 yang diikuti oleh 100 orang peserta, dengan metode pelatihan live session (tatap muka) dan Self Learning (pembelajaran mandiri) dengan memanfaatkan Learning Managent System (LMS).

“Besar harapan kami kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses dan peserta dapat terus hadir untuk menyelesaian seluruh materi pelatihan. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan mohon Maaf jika ada kesalahan kata.” pungkas Itha.

Kegiatan pembukaan pelatihan GTA turut dihadiri oleh Pj Bupati, Muhammad Iswanto, S.STP., M.M. , Sekretaris Daerah Drs. Sulaimi, M.Si.