Pelatihan Thematic Academy Di Kabupaten Pidie Bagi Guru dan Tenaga Pendidik
  • By Eki Yoan
  • April 14, 2023
  • No Comments

Pelatihan Thematic Academy Di Kabupaten Pidie Bagi Guru dan Tenaga Pendidik

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie melalui Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Persandian Pidie mengadakan pelatihan Thematic Academy (TA) dengan tema “Data Science Untuk Guru SMA atau SMK”. Pelatihan yang berlangsung mulai 11-13 April 2023 ini dilaksanakan di Aula Balai Diklat BKPSDM Pidie, dengan jumlah peserta 75 orang.

Penjabat (Pj) Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto diwakili Asisten II Setdakab Pidie Ir H Tarmizi, mengatakan, terima kasih dan apresiasi kepada BBPSDM Kominfo Medan atas teselenggaranya pelatihan TA.

“Saya atas nama Pemkab Pidie mengucapkan banyak terima kasih kepada BBPSDM Kominfo Medan dan juga Kominfo dan Persandian Pidie yang telah menfasilitasi dan menyelenggarakan pelatihan ini,” katanya disela-sela membuka acara, Selasa (11/4/2023) di Aula setempat.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting sebagai bagian strategi upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) digital guru maupun tenaga pendidik sekaligus sarana untuk mengembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Pidie.

“Kedepan saya berharap agar guru-gurudi Kabupaten Pidie memiliki kompetensi digital sehingga dunia pendidikan di Kabupaten Pidie dapat bersaing secara nasional dan global,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Plt BBPSDMP Kominfo medan, Yusrizal, S.Kom, M.Eng, mengatakan, pelatihan TA untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru. “Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keahlian SDM melalui pengimbangan keterampilan talenta digital untuk mendukung percepatan tranportasi digital khususnya bagi guru maupun tenaga pendidik,” jelasnya.

Sebagai informasi, setelah pembukaan ceremony acara dilanjutkan dengan diskusi bersama yang dipimpin Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Persandian Kabupaten Pidie, Muhammad Fadhli, dan Kadis Pendidikan dan Kebudayan Pidie, Yusmadi S.pd, M.pd.

Selanjutnya, setelah istirahat salat Dzuhur agenda dilanjutkan dengan pelatihan yang dibagi dalam dua kelompok dan masing-masing dipandu oleh instruktur berpengalaman