Pelatihan Thematic Academy Digital Media Reporter Di Kota Padang

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia (BBPSDMP) Kominfo Medan menggelar Pelatihan Thematic Academy Digital Media Reporter di Kota Padang, mulai tanggal 2 – 4 Desember 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan di Grand Basko Hotel. Sebelum pelatihan dimulai, para peserta diwajibkan untuk melakukan rapid tes terlebih dahulu. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan sanitizer serta untuk menjaga jarak antar peserta kelas pembelajaranpun juga dibagi dua dengan perkelas 30 orang.

Pelatihan Digital Media Repoter dibuka secara resmi oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si yang juga dihadiri oleh Ketua PWI Sumatera Barat, Heranov Firdaus dan Kepala Dinas Kominfo Kota Padang: Dr. Ir. Rudy Rinaldy, MT.

Ketua PWI Sumatera Barat, Heranov Firdaus mengatakan, apa yang dilakukan BBPSDMP Kominfo Medan ini sudah tepat dengan memberikan bekal ilmu pengetahuan teraktual yakni jurnalisme digital bagi peserta.

“Pers melalui media massa berperan sebagai sarana komunikasi dari masyarakat ke pemerintah sehingga masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, kritik, pendapat, usul, dan saran dengan perantaraan pers, kata Heranov

Pers bahkan dinobatkan sebagai pilar keempat demokrasi atau dikenal dengan fourth estate. Apabila dikaitkan dengan sistem demokrasi yang sekarang, maka kekuatan pers dianggap setara dengan pilar demokrasi lainnya yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Kekuatan pers tersebut merujuk pada kekuatan untuk mengawasi jalannya pemerintahan dan menyalurkan aspirasi rakyat.” tambahnya. (Prini)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *