Pelatihan Thematic Academy (TA) dengan Tema “Pelatihan dan Praktik Digitalisasi Proses Bisnis Kelompok Usaha Eks Pekerja Migran Indonesia” di Kota Singkawang

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan secara resmi menyelenggarakan kegiatan Thematic Academy (TA) dengan Tema “Pelatihan dan Praktik Digitalisasi Proses Bisnis Kelompok Usaha Eks Pekerja Migran Indonesia” di Kota Singkawang. Kegiatan dilakukan selama 4 (empat) hari mulai dari tanggal 22 s.d. 25 Maret 2022 di Hotel Swiss-Belinn, Kota Singkawang. (22/3/2022)

Jumlah peserta pada skema ini sebanyak 75 orang yang tetap menerapkan protokol kesehatan dengan membagi kelas menjadi 2 (dua) ruangan, memberikan masker dan sanitizer, hingga melakukan swab antigen terlebih dahulu kepada para peserta sebelum memasuki ruangan. Bila ada peserta yang positif covid-19, tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan pelatihan.

Kegiatan Thematic Academy secara resmi dibuka oleh Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, diwakili oleh Sekretaris Dinas, Dra. Istri Handayani, M.Si., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Singkawang diwakili oleh Bidang Tenaga Kerja dan Hubungan Industrial Dinas, Ade Sudarso, ST., Kepala Satpol PP Kota Singkawang dan Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH., menyebutkan bahwa Kegiatan ini dilakukan untuk melatih peserta dalam mengembangkan proses bisnis masyarakat eks pekerja migran Indonesia melalui  digitalisasi  kelembagaan  dan  manajemen  keuangan,  pemasaran  digital,  serta pengembangan inovasi produk secara digital.

“Saat pandemi Covid 19 semuanya berubah, border/batas negara tutup, pekerja migran dipulangkan ke tanah air dan hari ini negara hadir untuk memberikan keterampilan digitalisasi kepada Bapak/Ibu. Saat ini Pemerintah tengah berupaya menyiapkan UMKM agar mampu memanfaatkan teknologi digital dan masuk kedalam bisnis digital. Suatu anugerah bagi kita masyarakat Kota Singkawang, dengan adanya kegiatan ini. Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya kesempatan ini, karena ilmu yang akan Bapak/Ibu dapatkan sangat bermanfaat dalam menunjang keterampilan maupun usaha Bapak/Ibu ke depan”, ucap Tjhai Chui Mie.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *