Pelatihan Thematic Academy Bagi Pengelola Pesantren Di Kabupaten Tanah Datar

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar menyelenggarakan kegiatan Thematic Academy (TA) di Hotel Emersia Hotel & Resort, Batusangkar. Pelatihan ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 11 s.d. 15 April 2022.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Ir. Dessy Tri Korina, Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan menjadi titik penentu keberhasilan sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0. Pendidik memiliki tanggungjawab penting dalam mempersiapkan generasi milenial dengan skill masa depan (future skill), dimana Revolusi Industri 4.0 muncul dengan menekankan pembaharuan serba teknologi diantaranya lewat pola digital economy (digitalisasi ekonomi), artificial intelligence (kecerdasan buatan), big data (data dalam skala besar), dan robotic (pemakaian robot sebagai tenaga kerja).

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus menerapkan program-program yang dapat menunjang keterampilan era Revolusi Industri 4.0. Seperti halnya memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik untuk belajar, berlatih, berkreasi, berinovasi, berimajinasi untuk membuat karya, metode, ataupun produk-produk unggulan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kearifan lokal setempat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si yang diwakili oleh Koordinator Bidang Pengembangan SDM, Yusrizal. S.Kom., M.Eng., menyampaikan, “Kegiatan ini sangat penting untuk beradaptasi dengan era revolusi industri 4.0. Di masa ini tentunya penguasaan teknologi informasi menjadi modal utama dalam pengembangan diri maupun inovasi”, ujar Yusrizal.

Beliau juga menyampaikan bahwa program Digital Talent Schoolarship (DTS) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi informasi serta untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0. Untuk itu diharapkan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *