PELATIHAN TOT INTERNET SEHAT DAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR PELATIHAN BIDANG TIK

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BBPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika Cikarang menyelenggarakan pelatihan Training of Trainer (ToT) dan penyusunan bahan ajar pelatihan berbasis kompetensi bidang komunikasi  dan informatika (Kominfo) selama 3 hari, pada tanggal 9 April s.d 11 April 2018, di Aula Kantor Balai Besar Pengembangan  SDM Komunikasi dan Informatika Medan Jalan Tombak No. 31 Medan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto M.Si, Narasumber Kepala BPPTIK Kominfo Cikarang Dr. Nusirwan, S.Ag, M.Si, Ade Racman, BBPSDMP Provsu Dr. Heranimus Godang, Instruktur Luhur Pidekso Arif. Peserta kegiatan  ini  dikuti dari perwakilan Dinas Kounikasi dan Informatika  yang berasal dari  Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kominfo Kota Medan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Kabupaten Biruen, Aceh  Tengah, Nias Barat, Nias Selatan, Relawan TIK, BBPSDMP Kominfo Medan, Senin (9 April 2018).

Kegiatan untuk tenaga instruktur pelatihan berbasis kompetensi ini dibuka secara resmi oleh Kepala BBPSDM Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, dalam sambutanya mengatakan  pelatihan instruktur bidang Kominfo berbasis kompetensi adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang TIK yang dapat menjadi trainer dan mendapatkan sertifikat. Semenjak Balitbang Kominfo membentuk organisasi baru yaitu pengembangan  SDM dan penelitian yang tujuannya berupaya mewujudkan instruktur yang bisa diandalkan, memberikan kontribusi pada   masyarakat dan bisa bermakna ke seluruh  wilayah kerja.

Dalam laporan yang dibacakan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Abdul Rahman Harahap,S.Sos, M,Si dalam laporanya menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud upaya Balai Besar pengembangan  SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Medan dalam meningkatkan  kapasitas SDM  bidang komunikasi dan informatika  dan peningkatan pemahaman  masayarakat terhadap TIK di wilayah kerja dan daerah perbatasan. Dengan tujuan meningkatkan pemahaman  dan pengetahuan  staf Dinas Kominfo dan Staf BBPSDMP Kominfo di lingkungan Badan Litbang SDM Kemenkominfo tentang  training berbasis kompetensi bidang TIK.

Kegitan ToT diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap calon tenaga instruktur di bidang komunikasi dan informatika. Serta meningkatkan kualitas dan produktifitas  lembaga pengembangan SDM, Dinas Kominfo, meningkatkan kinerja dan pada  gilirannnya  akan  meningkatkan  daya  saing SDM bidang kominfo dan mendorong tingkat  pemahaman masyarakat  terhadap manfaat dan dampak Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) lebih  baik.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *