Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Kabupaten Tanah Datar, Tingkatkan Daya Saing Bagi Generasi Muda

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerja sama dengan Pemkab Tanah Datar menggelar Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang dilangsungkan selama 5 (lima) hari.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar, Drs. Yusrizal, MM., mengatakan Pelatihan VSGA bertujuan untuk mencetak talenta atau sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi digital. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM di Kabupaten Tanah Datar, Khususnya di bidang informasi dan teknologi,” ujar Yusrizal.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar berupaya menjadikan Tanah Datar sebagai daerah yang berbasiskan teknologi. Untuk itu ada tiga langkah yang diupayakan, yaitunya, aktifasi digital, aplikasi dan infrastruktur. Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar juga bermimpi bahwa pada tahun 2024 apapun layanan sudah ada dalam HP android yang disebut dengan Tanah Datar diujung jari.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan yang diwakili oleh Koordinator Pengembangan SDM, Yusrizal, S.Kom, M.Eng., mengatakan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Februari 2018, jumlah tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 5.13 persen.

Tingkat pengangguran terbuka untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 21 persen, tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sekitar 24 persen, dengan kata lain ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap tingkat pendidikan SMA dan SMK.

Untuk itu perlu peningkatan kemampuan tenaga kerja agar dapat memenuhi tenaga seni terampil maupun terampil dalam menutut kesenjangan tersebut. Mengetahui perkembangan pesat teknologi, maka Kemenkominfo menginisiasi Program Digital Talent Scholarship (DTS) dimana program itu sudah dimulai sejak tahun 2019.

“Alhamdulillah, sampai saat ini bekerja dengan tujuh mitra kerja yang akan melaksanakan pelatihan bagi 40 ribu orang dan untuk Kabupaten Tanah Datar akan melatih 5000 orang, mudah-mudahan ini bisa terlaksana,” ujar beliau. Untuk kegiatan ini ditujukan bagi para Alumni SMK, pada pelatihan ini ada tiga skema ada Junior Graphic Design, Junior Network Administrator dan Video Editing.

Pelatihan Kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra. Bupati berpesan untuk memanfaatkan waktu pelatihan untuk memperdalam ilmu. Jadikan untuk mengembangkan kompetensi dan meng-update keterampilan ilmu dalam menghadapi tantangan juga keimanan.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *