Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahun 2023 di Kabupaten Deli Serdang
  • By Eki Yoan
  • May 7, 2023
  • No Comments

Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahun 2023 di Kabupaten Deli Serdang

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Deli Serdang bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang merupakan bagian dari Digital Talent Scholarship (DTS). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Miyana Kab. Deli Serdang, pada tanggal 02 hingga 06 Mei 2023.

Dalam acara pembukaan kegiatan VSGA dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Deli Serdang, Bapak Safii Sihombing, S.IP., M.AP., Penguji Perangkat Telekomunikasi, Bapak Syahrul Wahyudi, ST., sebagai narasumber dan juga Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Jarudo Damanik, S.Kom, Serta para panitia baik dari BBPSDMP Kominfo Medan maupun Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Deli Serdang.

Dalam sambutannya Bupati Kab. Deli Serdang, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, berkata kepada peserta “Pemerintah juga melakukan pengembangan sdm guna memenuhi kebutuhan akan talenta digital melalui penerapan TIK sebagai bagian inti dari kurikulum pendidikan, kejuruan, serta program pelatihan untuk membantu pekerja dalam menyesuaikan dinamika dunia kerja yang telah bertransformasi menggunakan teknologi digital. Salah satu pelatihan yang telah mengadopsi digitalisasi tersebut yakni program Digital Talent Scholarship Academy kominfo dengan tema Vocational School Graduate Academy yang memungkinkan para lulusan SMK/sederajat, serta lulusan D1 hingga D4 dapat memiliki keterampilan dan  daya saing pada sektor digital dengan sertifikasi internasional maupun nasional.”

Dalam sambutannya, Plt Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal, S.Kom., M.Eng., yang dalam hal ini diwakili oleh Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, Bapak Jarudo Damanik, S.Kom. Berpesan bahwa acara Vocational School Graduate Academy (VSGA) ini diikuti sebanyak 75 peserta yang dibagi kedalam 3 (tiga) kelas yang terdiri dari 3 (tiga) skema, yakni Junior Graphic Design, Junior Network Administrator, dan Junior Web Developer. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi talenta-talenta muda yang masih belum bekerja di Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya melalui peningkatan kemampuan digital.