Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Pidie Jaya
  • By Eki Yoan
  • March 3, 2023
  • No Comments

Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Pidie Jaya

Di Indonesia saat ini tulang punggung perekonomian kita adalah UMKM dan Ultra Mikro yang menjadi pengumbang 61,07% dari GDP Nasional. Pemerintah memberi perhatian serius kepada 64,2 juta UMKM Indonesia untuk bisa onboard go digital, karena potensi ekonomi digital Indonesia yang besar. Bahkan, pemerintah telah menargetkan agar pada 2023, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku melalui Program Nasional Gerakan Bangga buatan Indonesia.

Selaku Leading Sektor dalam akselerasi transformasi digital nasional, di tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)/Talenta Digital Indonesia secara komperehensif pada 3 (tiga) tingkatan, baik di tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, di tingkat menengah melalui Digital Talent Scholarship, lalu di tingkat lanjutan melalui Digital Leadership Academy (DLA).

Dalam kesempatan ini, izinkan kami sampaikan bahwa pelatihan Digital Entrepreneurship Academy dengan tema Pemasaran Digital Dasar dilaksanakan melalui kerjasama kemitraan Digital Talent Scholarship (DTS) antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Pidie Jaya, Provinsi Aceh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 01-02 Maret 2023 yang diikuti oleh 100 orang peserta.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM. Para peserta akan dipandu oleh para instruktur yang berpengalaman dan telah lulus sertifikasi training of trainer pada bidangnya masing- masing

Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Pelatihan Pemasaran Digital Dasar bagi pelaku UMKM di Pidie Jaya. Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik kepada Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo Medan). Mudah-mudahan dengan terlaksananya pelatihan ini dapat membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pidie Jaya semakin berinovatif dan lihat dalam dunia pemasaran digital.

Kami yakin para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Pidie Jaya memiliki potensi yang luar biasa. Kami optimis akan muncul pengusaha-pengusaha yang berdaya saing, dengan manajemen bisnis yang mumpuni dan basis bisnis digital yang kuat.