PEMBUKAAN KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS TIK “PEMBUATAN KARYA PRODUKTIF INFOGRAPHIC/LOGO/KEMASAN” BAGI MASYARAKAT DI KABUPATEN NATUNA

Natuna (24/09) – Pada masa pandemi Covid-19, Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan sebagai UPT dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI tetap berupaya melakukan pengembangan SDM bidang Kominfo dengan tujuan meningkatkan kompetensi TIK masyarakat pada daerah-daerah Kab/Kota di wilayah kerja yang berstatus zona hijau (Green Zone), salah satunya adalah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Pengembangan SDM ini dilakukan melalui kegiatan Bimbingan Teknis TIK Pembuatan Karya Produktif Infographic/Logo/Kemasan Bagi Masyarakat yang diadakan di Natuna Hotel selama 3 hari, yaitu pada tanggal 24-26 September 2020. Bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kab. Natuna, kegiatan ini dihadiri oleh 58 peserta yang berasal dari lulusan SMK/SMU/D1/D3 serta S1 yang berada di wilayah Kab. Natuna dan sekitarnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Kab. Natuna yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Natuna, Hendra Kusuma, S.H., M.Si. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Badan Litbang SDM, Dr. Ir. Basuki Jusuf Iskandar dan beberapa perwakilan dari dinas-dinas yang ada di Kab. Natuna, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Natuna.

Hendra Kusuma dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Natuna memiliki potensi pemuda-pemudi yang kreatif, namun terkadang tidak memliki peluang untuk pengembangan potensi diri, dikarenakan kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan aplikasi desain grafis. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Natuna sangat menyambut baik pelaksanaan bimbingan teknis ini sebagai bentuk kepedulian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Badan Litbang SDM. Selanjutnya, Hendra berharap kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan informasi bagi peningkatan kompetensi diri, peningkatan keterampilan, dan penguasaan aplikasi yang dapat menjadi media dalam menuangkan kreativitas.

Selanjutnya, Basuki Jusuf Iskandar melalui video conference menyampaikan bahwa di era new normal, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis yang bersifat online maupun offline, di mana bimbingan teknis secara offline akan dilaksanakan di beberapa zona hijau di Indonesia dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Bimbingan teknis yang diadakan seperti Membuat Infografis, Junior Public Relation, Office Operator Tingkat Dasar, Network Administrator Tingkat Dasar, dan lain sebagainya. Sedangkan pelatihan online akan dilakukan via aplikasi video conference, Zoom Meeting. Selain itu, Badan Litbang SDM juga akan mengadakan pelatihan secara offline pasca pandemi Covid-19, berupa program Fresh Graduate Academy, Regional Development Academy, Vocational School Graduate Academy, dan Thematic Academy. Basuki berharap dengan adanya program dari Balitbang SDM Kemkominfo tersebut, dapat meningkatkan produktivitas SDM khususnya bidang kominfo pada era new normal ini (LF/TRAP).

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *