Pembukaan Pelatihan Thematic Academy Pemasaran Digital Dasar Untuk Sektor Pariwisata Batch 2
  • By Eki Yoan
  • September 22, 2023
  • No Comments

Pembukaan Pelatihan Thematic Academy Pemasaran Digital Dasar Untuk Sektor Pariwisata Batch 2

Kamis (21/9) Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Dr. Christiany Juditha, S.Sos., MA. Menghadiri acara pembukaan Pelatihan Dasar Pemasaran Digital Untuk Sektor Pariwisata Batch 2 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan SDPPPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Labersa, Balige, Kab. Toba, berlangsung selama 2 hari dari tanggal 21 s.d. 22 September 2023 dan dihadiri oleh 49 peserta pelaku ekonomi kreatif yang berasal dari Kawasan Danau Toba.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan SDPPPI, Bapak Dr. Nusirwan, S. Ag., M. Si. yang mengatakan “Kegiatan pelatihan Pemasaran Digital sebetulnya sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, namun untuk tahun 2023 ini, kegiatan difokuskan untuk sektor pariwisata. Pelatihan ini memungkinkan bisnis pariwisata untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan beragam dengan memanfaatkan teknik-teknik pemasaran digital.”

Pelatihan Pemasaran Digital untuk Sektor Pariwisata Batch 2 ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian pemasaran digital dengan cara memanfaatkan tools digital, software atau media sosial yang dapat digunakan untuk meningkatkan visual experience calon wisatawan yang akan datang atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan materi antara lain : Pemanfaatan ekosistem digital tidak berbayar untuk pariwisata, memahami target pasar (Produk market kit), memasang iklan di media sosial, mengambil gambar 360 menggunakan smartphone, praktik membuat profile bisnis , Teknik copywriting dalam pemasaran digital pariwisata dan pengelolaan pemasaran media sosial.

Dalam kesempatan ini, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan juga mengatakan “Kabupaten Toba menempati skor IMDI 31,34 dan berada pada klasifikasi C dengan nilai sub pilar di bawah nilai subpilar provinsi dan nasional. Sebagai kabupaten dengan potensi pariwisata yang besar maka diperlukan rencana aksi wilayah untuk peningkatan Sumber Daya Manusia dengan adanya akses pelatihan digital untuk mengoptimalisasikan potensi Kab. Toba terutama dalam sektor pariwisata. Pelatihan Thematic Academy yang kita hadiri hari ini adalah bukti nyata dari komitmen kita untuk meningkatkan literasi digital di kabupaten Toba. Melalui pelatihan ini, kita berharap dapat memberikan peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan alat yang mereka butuhkan untuk menjadi bagian aktif dari masyarakat digital yang berkembang pesat.”