Pemerintah Kota Tanjungbalai Bersama BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan  Pelatihan Pengenalan TIK bagi Disabilitas
  • By Eki Yoan
  • October 24, 2023
  • No Comments

Pemerintah Kota Tanjungbalai Bersama BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan Pelatihan Pengenalan TIK bagi Disabilitas

Pemerintah Kota Tanjungbalai berkomitmen untuk mendorong pelaksanaan kegiatan Pengenalan TIK untuk Penyandang Disabilitas bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia (BBPSDM) Kominfo Medan.

 “Karena saat ini masyarakat sudah memasuki era digital yang semakin canggih sehingga diperlukan meningkatkan literasi digital di kalangan penyandang disabilitas. Melalui pelatihan ini BBPSDMP Kominfo Medan berharap dapat memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas untuk dapat mengakses dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal.” ujar  Walikota Tanjungbalai Waris Tholib, S.Ag., M.M.            pada saat kegiatan pembukaan Pelatihan Pengenalan TIK di Pendopo Walikota Tanjungbalai, Selasa (24/10/2023).

Waris Tholib menjelaskan kegiatan semacam ini sangat penting dalam upaya memastikan bahwa setiap individu, termasuk penyandang disabilitas, memiliki akses yang sama terhadap informasi dan teknologi. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga Tanjung Balai memiliki kesempatan yang sama dalam memanfaatkan teknologi, terutama dalam era digital saat ini.” pungkas Waris.

Lebih lanjut, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia yang diwakili Subkoordinator Keuangan dan Perencanaan Jarudo Damanik, S.Kom. meyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting dalam upaya memastikan bahwa setiap individu, termasuk penyandang disabilitas, memiliki akses yang sama terhadap informasi dan teknologi.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga Tanjung Balai memiliki kesempatan yang sama dalam memanfaatkan teknologi, terutama dalam era digital saat ini.” ujar Jarudo.

“Dalam kesempatan ini, izinkan kami sampaikan bahwa pelatihan melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDM Kominfo Medan dan Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Dinas Sosial, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tangal 04 – 05 Juli 2023 yang diikuti oleh 100 orang peserta. Pembinaan dalam kegiatan ini sepenuhnya difasilitasi oleh DIPA BBPSDM Kominfo Medan dengan dukungan fasilitas pelatihan dari mitra Dinas Kominfo Kota Tanjungbalai.” sambungnya.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital khususnya bagi para pelaku UMKM.