Beranda Berita Penyusunan Modul Pelatihan e-Jurnalistik

Penyusunan Modul Pelatihan e-Jurnalistik

92
0
BERBAGI

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika Medan pada tanggal 24 Mei 2018 melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Modul Pelatihan e-Jurnalistik bertempat di Aula BBPSDMP Kominfo Medan.  Diskusi ini diikuti staf Bidang Pengembangan SDM Kominfo Medan dan Perwakilan dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara. Narasuber berasal dari tiga institusi yaitu Dr. Hasan Sazali, MA ketua Program studi Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara, Komda Suharja Dosen Politeknik Negeri Media Kreatif Medan, serta Juraidi dan Akung dari LKBN Antara Biro Medan.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si dalam arahan pembukaan diskusi menyampaikan bahwa penyusunan modul pelatihan e-Jurnalistik ini sangat penting karena dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran bagi para penulis berita/ jurnalis di lingkungan pemerintah daerah khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika dalam upaya meningkatkan kompetensi pengelolaan media publikasi khususnya media online.

Hasan Sazali, dalam paparannya menyampaikan bahwa keberadaan media online khususnya website di pemerintahan daerah seyogianya dapat berperan dalam pembangunan daerah melalui publikasi konten yang mampu mendorong peningkatan aspek pembangunan seperti ekonomi, pendidikan, pertanian, politik dan sosial budaya. Oleh karena itu, penguasaan terhadap kompetensi jurnalis merupakan persyaratan wajib dan harus dimiliki oleh para petugas pembuat berita, diantaranya kemampuan dalam menghadirkan konten yang menarik, terbaru dan berimbang serta mampu menarik minat pembaca sebagaimana yang disampaikan oleh Juraidi dan Akung dari LKBN Antara Biro Medan.

Dasi sisi desain dan layout pemberitaan di media online, Komda Saharja dari Politeknik Negeri Media Kreatif mengatakan bahwa aspek multimedia seperti foto dan video merupakan elemen pendukung utama menariknya sebuah konten, sehingga penguasaaan terhadap kedua bidang ilmu tersebut menjadi penting.

Diskusi yang berjalan cukup dinamis tersebut diisi dengan tanya jawab oleh para peserta kegiatan, dan diakhir sesi diskusi, Abdurrahman Harahap, S.Sos, M.Si, yang bertugas menjadi moderator merumuskan  beberapa hal diantanya seorang jurnalis harus mampu membuat berita yang sifatya membangun, akurat, aktual dan menggunakan bahasa kekinian, serta mampu menarik minat khalayak. Selain itu, seorang jurnalis juga harus menguasai beberapa bidang keilmuan desain grafis, seperti typografi, ilustrasi, layout dan komposisi warna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here