Perkenalkan Cyber Security  Kepada Siswa SMP,  BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan Pelatihan Thematic Academy
  • By Eki Yoan
  • September 26, 2023
  • No Comments

Perkenalkan Cyber Security Kepada Siswa SMP, BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan Pelatihan Thematic Academy

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan memperkenalkan pengetahuan Basic Cyber Security bagi siswa  SMP malalui salah satu skema pelatihan Digital Talent Scholarship yaitu Thematic Academy. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo ini melibatkan 121 siswa di SMP Negeri 11 Medan. Diharapkan pelatihan akan membuat peserta mengenali berbagai ancaman keamanan siber dan cara melindungi diri mereka sendiri.

“Selama ini mungkin mereka (siswa SMP) sudah mulai menggunakan internet ataupun smartphone dengan sangat massif, namun belum mengetahui sejauhmana tingkat keamanannya.  Nah, jadi dengan adanya literasi digital tentang Basic Cyber Security ini maka diharapkan mereka akan melek tentang keamaan cyber minimal mereka tahu sejauh mana tingkat keamanan informasi itu.” ujar Yusuf Ramadhan selaku salah satu instruktur pelatihan, pada Selasa (26/09/2023).

Lebih lanjut, menurut Dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) itu diharapkan peserta pelatihan akan lebih peduli terhadap keamanan data dan informasi. Yusuf menjelaskan bahwa peserta diajarkan petunjuk langkah demi langkah untuk membuat kata sandi yang kuat, mengidentifikasi dan menghindari segala jenis penipuan dan serangan phishing, dan menggunakan perangkat lunak antivirus untuk melindungi perangkat, serta cara menjaga agar perangkat lunak dan sistem operasi tetap mutakhir. Disamping itu juga peserta mempelajari keamanan aktivitas online dan bahaya Wifi publik serta ancaman keamanan dunia maya yang paling umum.

Selain itu, Kepala SMP Negeri 11 Medan Diarmansyah Batubara, S.Kom., M.Kom., sangat mengapresiasi kegiatan Pelatihan Thematic Academy yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo ini. Ia berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat fokus dalam mengikuti pelatihan dan mampu menerapkan ilmu Basic Cyber Security ini dalam kehidupan sehari-hari.

              “Saya kira pelatihan Basic Cyber Security ini sangat penting diberikan kepada siswa-siswa SMP sehingga mereka punya bekal untuk melindungi diri dari berbagai ancaman kejahatan siber, terlebih mampu menggunakan internet dengan sehat, seperti untuk kepentingan belajar dan lainnya.” terang Diarmansyah saat memberikan pengarahan pada kegiatan pembukaan pelatihan.

Diketahui, pelatihan yang diadakan di SMP Negeri 11 Medan ini dilaksanakan sebanyak 3 Batch yaitu pada tanggal 26, 27 dan 29 September 2023. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Dr. Christiany Juditha, S.Sos, MA turut hadir langsung memantau kelancaran kegiatan pelatihan Basic Cyber Security untuk Siswa SMP tersebut.