Seminar Hasil Penelitian Tahun 2021

BBPSDMP Kominfo Medan menyelenggarakan seminar hasil penelitian tahun 2021 dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Ekonomi Digital Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19”, di Hotel Miyana, Deli Serdang (28/10). Indonesia saat ini sedang memasuki era digitalisasi di berbagai sektor. Dunia industri berubah dan bergeser seiring perkembangan internet dan revolusi digital melalui perkembangan inovasi dan otomatisasi di berbagai sektor. Kehadiran internet menciptakan ekonomi digital di berbagai belahan di dunia, dengan jumlah penduduk yang sangat besar Indonesia masih memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si dalam sambutannya mengatakan, “Penelitian ini dilaksanakan memang untuk mendesain ekonomi digital. Ekonomi digital saat ini tidak bisa terpisahkan dengan kementerian Kominfo karena dalam perencanaan strategis Kementerian Kominfo tahun 2020 sampai 2024 termasuk didalamnya peran TIK bagi perekonomian, dalam hal ini tidak hanya melulu tentang infrastruktur tetapi melalui platform dan turunannya. Dalam kurun waktu sampai tahun 2025, Indonesia diharapkan sudah bisa menjadi lima besar peringkat dunia dalam bidang ekonomi yang bisa disejajarkan dengan Uni Eropa, Amerika Serikat, Cina, Jepang dan negara lainnya. Dengan demikian ekonomi digital mempunyai nilai-nilai yang sangat strategis untuk bisa memberikan peningkatan pendapatan bagi Indonesia. Kekuatan media sosial menjadi hal yang tak tergantikan, mari kita lihat bagaimana posisi Facebook saat ini. Hampir semua media sosial mulai dari Instagram sampai dengan WhatsApp mungkin yang lainnya juga akan diakusisi oleh Facebook. “Selain itu dengan banyaknya keberagaman media sosial hampir sekitar 2,7 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap bulannya diseluruh dunia”, kata Irbar.

Paparan penelitian disampaikan oleh Peneliti Madya BBPSDMP Kominfo Medan, yaitu Budiman, S.Sos., Burhanuddin Panjaitan, SH, dan Moh. Muttaqin, ST.,M.Eng. Narasumber/Reviewer yang hadir pada kegiatan seminar tersebut dari akademisi dan pakar media sosial yaitu Dr. Poltak Sihombing, Dr. Dra. Hj. Nina Siti Salmaniah Siregar, M.Si dan H. Ahmad Rafiki, BBA (Hons), MMgt, PhD, CIMA. Masukan yang diberikan narasumber dan para peserta diharapkan dapat memberikan makna dan arahan terhadap kualitas penelitian yang akan dilaksanakan di tahun 2021 ini.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *