• By Eki Yoan
  • November 6, 2023
  • No Comments

Siapkan Lulusan Terbaik di Bidang Digital, UMSU selenggarakan Pelatihan VSGA

UMSU – Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kominfo RI, bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyelenggarakan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dalam rangka menyiapkan lulusan terbaik dalam pengembangan talenta digital di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi UMSU, (06/11/2023).

Kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupaka program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM).

Pelatihan ini didukung langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi UMSU, Bapak Dr. Al-Khowarizmi, M.Kom. Beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah menyelenggarakan pelatihan VSGA ini untuk membantu para mahasiswa meningkatkan kompetensi digital guna mempersiapkan diri untuk masuk kedalam dunia kerja. 

Penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi VSGA berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 06 s.d. 10 November 2023. Skema dalam pelatihan dan sertifikasi VSGA ini terdiri atas Operator Komputer Madya, Junior Graphic Design, dan Junior Video Editor dan Junior Web Developer. Proses belajar dan pembekalan peserta berlangsung selama 3 (tiga) hari dan asesmen berlangsung selama 2 (dua) hari. Jumlah peserta sebanyak 120 (Seratus Dua Puluh) orang. Para peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).