Siapkan Talenta Muda Digital, Program VSGA BATCH 1 di Banda Aceh Resmi Dibuka

Dalam rangka mempersipakan talenta-talenta muda digital, Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) Batch 1 resmi dibuka di Kota Banda Aceh. Dalam sambutannya, Yusrizal, S.Kom., M.Eng.  mewakili Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menjelaskan bahwa diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.” terang Yusrizal di Aula Hotel Mekkah, Banda Aceh, Selasa (31/05/2022).

Lebih lanjut Yusrizal memaparkan bahwa VSGA merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network AdministratorJunior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator. Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 72 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi. Dalam penyelenggaraan program VSGA, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan 23 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP).

Di akhir sambutan,  Koordinator Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) BBPSDMP Kominfo Medan itu berharap kerjasama Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kota Banda Aceh dapat terus berjalan dengan baik.

“Saya mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Kota Banda Aceh khususnya Dinas Kominfo dan  pegawai, instruktur, panitia dan peserta  program bimtek dan uji sertifikasi  ini.” ungkapnya

“Semoga kegiatan pengembangan SDM TIK  melalui kerjasama ini dapat dilanjutkan di tahun-tahun mendatang. Kami juga mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan pelatihan nanti, mulai dari proses persiapan hingga pelaksanaannya ada yang kurang berkenan.” pungkasnya.

Kegiatan VSGA yang berlangsung selama lima hari mulai 31 Mei sampai 04 Juni 2022 itu diikuti oleh 75 peserta talenda muda yang dibagi dalam tiga skema pelatihan yaitu Junior Network AdministratorJunior Graphic Designer, dan Data Management Staff. Kegiatan pelatihan turut dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, Bapak Fadhil, S.Sos., MM. dan jajarannya. (Gusmila Zulidar)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *