Tingkatkan Kompetensi Bidang Digital Lulusan SMK hingga Vokasi, BBPSDMP Kominfo Medan Kembali Gelar Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Kabupaten Bengkalis

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Medan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Bengkalis kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA). Kegiatan VSGA Batch II ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 25-29 Juli 2022 di Politeknik Negeri Bengkalis. Sebanyak 75 peserta mengikuti kegiatan dengan tiga skema pelatihan yang terdiri dari skema Junior Web Developer, Data Management Staff dan Junior Graphic Design.

Sebelum kegiatan pelatihan dan uji sertifikasi berlangsung, kegiatan VSGA Batch II ini diawali dengan acara pembukaan. Turut hadir dalam acara pembukaan, Koordinator Pengembangan Sumber Daya Manusia BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal S.Kom., M.Eng, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis Drs. Johansyah Syafri, Kepala Bidang PBE Diskominfotik Kab Bengkalis, Zulkifli, ST hingga Direktur Politeknik Negeri Bengkalis.

Koordinator Pengembangan SDM, Yusrizal, S.Kom., M.Eng mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan salah satu kegiatan yang terdapat dalam program Digital Talent Scholarship (DTS).

Program DTS sendiri memberi kesempatan pelatihan bagi 200.000 penerima beasiswa dalam 8 (delapan) akademi yakni Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Tematic Academy, dan Pro A academy, Digital Enterpreneurship Academy, Government Transformation academy, Talent Scouting Academy, dan Digital Leadership Academy.
“Berkaitan dengan kegiatan hari ini berupa kegiatan DTS dengan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) offline yakni merupakan program pelatihan dan sertifikasi bidang TIK yang berfokus dalam peningkatan kompetensi bagi lulusan SMK /SLTA , D3, D4 ataupun S1 bidang TIK (akan lulus dan sudah lulus) namun belum bekerja dengan batasan usia peserta hingga 29 tahun,” jelas Yusrizal.

Yusrizal juga mengatakan bahwa tujuan dari program VSGA ini untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator dan Data Management Staff.

“Diharapkan, dengan terselenggaranya program VSGA ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi,” sambungnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis, Drs, Johansyah Syafri mewakili Bupati Kabupaten Bengkalis menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Bengkalis sangat mendukung dan siap bersinergi menyuksukseskan program pelatihan VSGA ini, Menurutnya program ini memiliki nilai tambah yang sangat besar bagi generasi muda, khususnya mahasiswa semester akhir D3 dan D4 serta alumni SMK agar memiliki kemampuan dan kompetensi digital.

“Tak kalah pentingnya, program ini juga sangat sejalan dengan visi kita pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui misi meningkatkan kapasitas dan kemampuan kualitas sumber daya manusia, dengan sasaran terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan berdaya saing, sehingga pada akhirnya akan terwujud Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” ujar Drs. Johansyah Syafri

Di akhir sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Drs Johansyah Syafri menyampaikan pesan kepada para peserta Vocational School Graduate Academy (VSGA) Kabupaten Bengkalis Batch II agar mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius.

“Insyaallah dengan keseriusan kalian akan mendapatkan keterampilan yang dibuktikan dengan sertifikat VSGA, selain menerima sertifikat juga saudara akan memiliki kemampuan digital yang mumpuni dan siap bersaing dalam percaturan global,” tutupnya.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *