Tingkatkan Kompetensi SDM Padang Lawas Utara, BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan VSGA
  • By Eki Yoan
  • May 20, 2023
  • No Comments

Tingkatkan Kompetensi SDM Padang Lawas Utara, BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan VSGA

Padang Lawas Utara – Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja. Tujuan Program VSGA adalah untuk menyiapkan talenta digital dengan standar kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP, MM menjelaskan bahwa masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara harus siap dan bisa mengejar ketertinggalannya dalam menghadapi Masyarakat Akonomi Asean (MEA).

“Kami sadari dalam menghadapi Masyarakat Akonomi Asean (MEA), Kabupaten Padang Lawas Utara harus siap dan bisa mengejar ketertinggalannya, menghadapi cepatnya perkembangan revolusi teknologi komunikasi dan informatika”, tuturnya dalam sambutannya pada acara pembukaan VSGA, di Hotel Sapadia Gunungtua, Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara, Senin (15/05/2023).

Sementara itu Plt BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal, S.Kom., M.Eng dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan pelatihan adalah meningkatkan kompetensi lulusan SMK/sederajat, Diploma 3 dan 4 yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi khususnya di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Tujuan pelatihan ini untuk mengurangi permasalahan bangsa terutama dalam hal keterbatasan kemampuan talenta digital, dimana kebutuhan tenaga kerja ahli dalam bidang teknologi saat ini masih belum tercukupi. Dengan terselenggaranya pelatihan ini, kita harapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi khususnya di Kabupaten Padang Lawas Utara”, jelasnya.

Acara Pembukaan VSGA juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas Utara, Lairar Rusdi Nasution, S.STP. MM, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sahrizal, SH, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Padang Lawas Utara, Ridi, AP, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Daerah Padang Lawas Utara, Mahyulni Harahap. 

Pelatihan dan Sertifikasi yang diselenggarakan terdiri atas tiga skema yaitu Operator Komputer Madya (OKM), Junior Network Administrator (JNA), dan Junior Graphic Designer (JGD). Total jumlah peserta pelatihan sebanyak 80 (delapan puluh) orang. 

Pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi tersebut dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 15 s.d. 19 Mei 2023. Tiga hari pertama adalah pelatihan, sedangkan dua hari berikutnya adalah asesmen.