Tingkatkan Kompetensi Talenta Digital di Kabupaten Dairi, BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA)

Untuk meningkatkan kebutuhan tenaga kerja ahli di bidang teknologi digital yang sampai saat ini belum tercukupi, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Dairi melaksanakan kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Batch II di One’s Hotel Sidikalang, Senin (12/07/2022).

Kegiatan ini dibuka secara daring oleh Bupati Kab. Dairi yaitu Dr. Eddy K.A Berutu. Beliau menyampaikan lewat zoom meeting, “Adanya Pandemi covid-19 mendorong masyarakat untuk beraktivitas, berinteraksi, dan bermigrasi ke ruang digital. Untuk itu perlu peningkatan kompetensi yang tersertifikasi untuk menciptakan SDM Digital dan cakap di ruang digital. Tanpa SDM yang cakap, ruang digital berpotensi disalahgunakan untuk tujuan penyebaran konten negatif hingga penyebaran paham radikalisme atau terorisme di ruang digital,” ungkap Eddy.

Program pelatihan VSGA ini bertujuan untuk mencetak talenta atau SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer dan Intermediate Animator.

Turut hadir dalam pembukaan VSGA Batch II ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Dairi, Bapak Aryanto Tinambunan, SP, M.Si. Beliau berharap agar semua peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, untuk dapat di aplikasikan di dunia kerja.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan, yang diwakili oleh Koordinator Bidang Penelitian Kominfo, Budiman, S.Sos., menyampaikan bahwa dengan terselenggaranya program VSGA ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK, D3 dan S1 yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

Selain berkerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Dairi, BBPSDMP Kominfo Medan juga bekerja sama dengan LSP P3 Teknologi Digital sebagai Tim Assesor. Kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) ini dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggal 12 – 16 Juli 2022, dimana tiga hari pertama peserta menerima materi pembekalan dari instruktur dan dua hari selanjutnya uji kompetensi oleh asessor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Adapun skema pelatihan kali ini terdiri dari  Junior Network Administrator (JNA), Junior Graphic Designer (JGD) dan Data Management Staff (DMS).

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan kebersihan tangan dengan handsanitizer.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *