Ujian Kompetensi Dengan Sistem CAT Di Lingkungan Kemkominfo

Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan ujian kompetensi dengan system kompetensi Computer  Assited  Test (CAT) bagi Jabatan Pelaksana dan Fungsional di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 27 – 29 Maret 2018, di Gedung Pusat TIK  Nasional, Jalan  Kertamukti  Nomor 10 Ciputat  Tangerang Selatan.

Ujian  kompetensi dengan system kompetensi Computer  Assited  Test dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi dalam hal ini diwakili Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan, Bapak Isnaldi, mengatakan sesuai  dengan Undang- Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) No 5 Tahun 2014, diperlukan Sumber Daya Manusia ASN yang  profesional. Untuk menghasilkan ASN yang profesional perlu dilaksanakan ujian kompetensi dengan sistem CAT bagi Jabatan Pelaksana dan Fungsional di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang objektif, transparan dan akuntabel. Peserta yang mengikuti ujian kompetensi dengan sistem Computer Assited  Test (CAT) sebanyak 577 peserta dari  unit kerja Ditjen PPI, Ditjen APTIKA, Itjen, Badan Litbang SDM , Setjen, Ditjen IKP.

Lanjutnya, materi yang diujikan kompetensi Umum 30% yaitu UU ASN, Good Government Governance, Reformasi Birokrasi, Tata Naskah Dinas Elektronik, Kode Etik Pelayanan Publik, Kompetensi Manajerial dan Wawasan  Kebangsaan. Kompetensi  dasar 20%,  yaitu bahasa Inggris umum. Kompetensi Inti 50%, yaitu Renstra, SOTK (Permen Kominfo 01 Tahun 2016), Manajemen Informatika (UU ITE,  UU KIP, dan tren teknologi terkini). Jumlah  soal yang diujikan sebanyak 100 soal yang  harus dikerjakan dalam waktu  90 menit.

Penjelasan mengenai prosedur pelaksanaan ujian  kompetensi dengan sistem kompetensi Computer  Assited  Test (CAT) dibimbing oleh Ibu Dewi Sartika dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ujian  kompetensi dengan sistem kompetensi Computer Assited  Test (CAT)  CAT bagi  Jabatan Pelaksana dan Fungsional di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika hasil yang diperoleh, dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama nilai hasil ujian akan langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian.(marta)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *