University Roadshow Membentuk Karir Masa Depan Di Era Berbasis AI
  • By Widi a
  • April 1, 2024
  • No Comments

University Roadshow Membentuk Karir Masa Depan Di Era Berbasis AI

Banda Aceh, 26 Februari 2024 – Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala, Aceh, menjadi saksi dari acara bertema besar yang mengangkat peran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam membentuk karir masa depan. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 26 Februari 2024 ini berhasil menarik perhatian para pemangku kepentingan dan akademisi di Aceh.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nezar Patria, yang menyampaikan pandangannya tentang pentingnya integrasi teknologi AI dalam perkembangan karir di era digital. Selain itu, hadir pula Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kominfo Dr. Eng. Hari Budiarto M.Kom., IPM, yang memberikan wawasan mendalam mengenai potensi AI dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Acara ini merupakan hasil inisiatif dari Microsoft Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kominfo Indonesia, sebagai bentuk komitmen bersama dalam memajukan sektor teknologi dan pengetahuan di Indonesia.

Dalam sambutannya, Nezar Patria menyatakan, “Penggunaan teknologi AI bukan hanya sebagai alat bantu, namun juga sebagai katalisator dalam membentuk pola pikir dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman.”

Selain itu, Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan IPU. turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, “Universitas Syiah Kuala senantiasa mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi, terutama dalam konteks pendidikan dan pengembangan karir.”

University Roadshow ini diharapkan menjadi momentum bagi mahasiswa dan para pelajar untuk lebih memahami peran dan peluang yang ditawarkan oleh teknologi AI dalam membentuk karir masa depan yang tangguh dan adaptif terhadap perubahan zaman. Semangat kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan industri diharapkan terus mengalir untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang responsif dan inklusif terhadap revolusi industri 4.0.

Dengan demikian, acara University Roadshow ini tidak hanya menjadi titik awal, tetapi juga komitmen bersama untuk menghadirkan perubahan positif bagi masa depan bangsa melalui pendidikan dan teknologi.