VOCATIONAL SCHOOL GRADUATE ACADEMY (VSGA) DI KABUPATEN DELI SERDANG

Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan melaksanakan kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk sebanyak 60 peserta di Hotel Miyana, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. (18/10/2021)

Dalam penyelenggaraan kegiatan VSGA di Kabupaten Deli Serdang kali ini BBPSDMP Kominfo Medan bekerjasama dengan Universitas Potensi Utama. Kegiatan VSGA ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 18-22 Oktober 2021 dengan tiga hari pembekalan dan dua hari uji kompetensi oleh assessor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Kegiatan VSGA di Kabupaten Deli Serdang ini terdiri dari tiga skema yaitu video editor, junior network administrator dan junior graphic design.

Kepala BBPSDMP  Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Potensi Utama atas kerjasamanya sehingga pelatihan ini dapat terealisasi sesuai rencana.

“Dengan terselenggaranya program VSGA ini diharapakan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.”, jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Potensi Utama, Lili Tanti, M.Kom., menyampaikan “Saya perwakilan dari Universitas Potensi Utama, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tingi atas terealisasinya kerjasama antara Universitas Potensi Utama dan BBPSDMP Kominfo Medan dalam mewujudkan sinergi perguruan tinggi dan perannya dalam mempersiapkan SDM menghadapi era disrupsi. Adapun ruang lingkup kerja sama adalah penyelenggaraan bimbingan teknis literasi dan pertukaran tenaga ahli bidang teknologi informasi dan komunikasi. Insya Allah kerjasama yang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.”

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *