VSGA Aceh Besar 2023 Sebagai Jalan Membentuk Talenta-Talenta Digital Baru di Aceh Besar
  • By Eki Yoan
  • June 17, 2023
  • No Comments

VSGA Aceh Besar 2023 Sebagai Jalan Membentuk Talenta-Talenta Digital Baru di Aceh Besar

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP KOMINFO) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian menyelenggarakan acara Vocational School Graduate Academy (VSGA) Aceh Besar 2023 selama 5 hari kegiatan yang mengambil lokasi di Hotel Permata Hati, Aceh Besar 12-16 Juni 2023.

Kegiatan VSGA merupakan bimbingan teknis dan sertifikasi digital berbasis kompetensi nasional di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), pada VSGA Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 ini diikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri dari tiga skema pelatihan antara lain Junior Network AdministratorJunior Graphic Designer dan Junior Web Developer.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Aceh Besar, Abubakar, S.Ag, membuka acara secara resmi dan mengucapkan terimakasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas kesempatan terpilihnya Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu lokasi diselenggarakannya program VSGA pada tahun 2023 ini. “Saya mewakili pemerintah mengucapkan terimakasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas terselenggaranya acara ini, saya pribadi merasa syukur dan  bangga dan sudah seharusnya para peserta memaksimalkan kesempatan dengan adanya program pelatihan ini, dalam memajukan kemampuan digital khusunya di kalangan muda Kabupaten Aceh Besar” ucapnya.

“Perkembangan dunia sekarang  tidak terlepas dari TIK, dimana-mana sekarang ini kita selalu berhubungan dengan TIK dan dunia digital, kepada anak-anak kami yang terpilih sebagai peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. Sementara Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal S.Kom, M.Eng mengatakan dengan diadakannya program VSGA dapat meningkatkan tenaga terampil di bidang teknologi, informasi dan komunikasi di Kabupaten Aceh Besar.

“Melalui pelatihan ini kita harapkan akan muncul banyak talenta digital baru, sebab tenaga terampil kita masih kurang dibandingkan negara-negara tetangga kita, makanya kita tingkatkan kembali dengan berbagai program-program pelatihan seperti ini,” jelasnya.

Beliau juga menyampaikan peserta pelatihan dan sertifikasi kompetensi yang nanti diharapkan dapat menjadi SDM yang mengembangkan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di Kabupaten Aceh Besar. “Mudah-mudahan para peserta pelatihan ini bisa memperoleh kompetensi, menjadi SDM yang mengembangkan program transformasi digital di Kabupaten Aceh Besar,” pungkasnya.