VSGA Batch I Kab. Aceh Tamiang
  • By Eki Yoan
  • May 7, 2023
  • No Comments

VSGA Batch I Kab. Aceh Tamiang

BBPSDMP Kominfo Medan selenggarakan pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Kab. Aceh Tamiang pada 2-6 Mei 2023. Pelatihan yang diselenggarakan meliputi Operator Komputer Madya, Junior Network Administrator, dan Video Editor.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan tersebut mewakili Plt. Kepala Balai BBPSDMP Medan, Frans Hendra Suryanta Sembiring, S.T, M.SM, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Kab Aceh Tamiang, Bastian, S.Kom; dan Kabid TIK Diskominfo Kab. Aceh Tamiang, Wan Dedi Wahyudi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku Leading Sektor dalam akselerasi transformasi digital nasional terus mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)/Talenta Digital Indonesia secara komprehensif pada 3 (tiga) tingkatan, baik di tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital yang telah menjangkau 5 juta orang masyarakat, di tingkat menengah melalui Digital Talent Scholarship (DTS) dengan 200.000 ribu orang terlatih, lalu di tingkat lanjutan melalui Digital Leadership Academy (DLA) yang memberikan pembekalan kepada 400 orang pemimpin C-level dari sektor publik maupun privat.

Pelatihan Vocational School Graduate Academy dengan tema Operator Komputer Madya, Junior Network Administrator, Video Editor dilaksanakan melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Aceh Tamiang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tangal 2-6 Mei 2023 yang diikuti oleh 75 orang peserta. Pembinaan dalam kegiatan ini sepenuhnya difasilitasi oleh DIPA BBPSDMP Kominfo Medan dengan dukungan fasilitas pelatihan dari mitra Dinas Kominfo Kab. Aceh Tamiang. Kegiatan ini dipandu oleh para instuktur yang berpengalaman yang telah lulus sertifikasi training of trainer pada bidangnya masing masing. 

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital khususnya bagi guru, dan tenaga pendidik.