VSGA Sebagai Kesempatan Untuk Kembangkan Kompetensi Digital Angkatan Kerja Muda
  • By Eki Yoan
  • October 2, 2023
  • No Comments

VSGA Sebagai Kesempatan Untuk Kembangkan Kompetensi Digital Angkatan Kerja Muda

Uinsu – Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balitbang Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kominfo RI, bekerjasama dengan Pemerintah Uin-Su Medan menyelenggarakan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dalam rangka menyiapkan talenta digital di UIN-SU. Kegiatan VSGA ini dibuka oleh Wakil Dekan ll Fst Uin-Su Prof. Dr. Achyar Zein, M.Ag dan dihadiri Staff Dosen dan Perangkat Panitia Ilka Zufria, M.Kom, Suhardi, M.Kom. Muhammad Siddik Hasibuan di Aula Fst Uin-Su, Jln Uinsu Medan Tuntungan Kampus IV : Jl. Lap. Golf No.120 Tujuan Program VSGA untuk menyiapkan talenta digital dengan standar kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Target peserta adalah Angkatan Kerja Muda lulusan program pendidikan vokasi yang belum mendapatkan pekerjaan atau tidak sedang bekerja. Pembinaan dalam kegiatan ini sepenuhnya difasilitasi oleh DIPA BBPSDMP Kominfo Medan.

Wakil Dekan ll Fst Uin-Su Prof. Dr. Achyar Zein, M.Ag, saat membacakan sambutan Pembukaan Rektor Uin-Su menyampaikan bahwa dengan mengikuti pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA), angkatan kerja muda dapat menambah pengetahuan serta keahliannya (skill) dalam bidang teknologi informasi. Melalui keahlian yang dimiliki, mereka dapat mengembangkan kariernya dengan memanfaatkan dan mengelola teknologi, serta menciptakan inovasi yang adaptif terhadap teknologi informasi. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pidie menghimbau para peserta VSGA agar dapat mengikuti pelatihan secara fokus.

“Pemberdayaan pemuda, yang merupakan harapan bangsa, memerlukan kontribusi dari berbagai Lembaga. Oleh karena itu, kesempatan seperti ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, sebagai bekal awal untuk mengembangkan kompetensi, dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat teknologi,” ungkap Prof. Dr. Achyar Zein

Penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi VSGA berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 02 s.d. 06 Oktober 2023. Proses belajar berlangsung selama 3 (tiga) hari dan asesmen berlangsung selama 2 (dua) hari. Skema pelatihan dan sertifikasi dibagi atas Operator Komputer Madya, Junior Graphic Design, dan Junior Network Administrator dan Junior Web Developer Jumlah peserta sebanyak 150 (Seratus Lima  Puluh) orang. Para peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).