Webinar Kominfo Pengembangan SDM TIK Dalam Kondisi Normal Baru

Balai Besar Pengembangan SDM Kominfo Medan melaksanakan kegiatan  Webinar menggunakan Aplikasi Zoom dan diikuti seluruh lapisan masyarakat. Setiap peserta Webinar yang sudah mendaftar diberikan Link (ID Meeting dan Password).  Webinar dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 28 Mei 2020 jam 09.00 WIB, yang di prakarsai BBPSDMP Kominfo Medan dengan tema “ Pengembangan SDM TIK dalam Kondisi Normal Baru”.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M. Si.  dalam paparannya tentang ”Adaptasi e-Commerce di masa New Normal”.  Beliau menyampaikan pada saat masa pandemi Covid-19, setiap orang melaksanakan himbauan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dalam hal ini dunia bisnis dan ekonomi mencoba beberapa strategi agar brand bertahan dengan pemanfaatan media online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen serta merancang dan membangun brand online-internet melalui website, aplikasi, sosial media, video dan lain-lain media konten.

Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.A,  dengan materi “Kompetensi SDM TIK untuk pengembangan Ekonomi Digital pada Kondisi Normal Baru”.

Kepala Badan Litbang SDM menyampaikan peluang tantangan, kendala dan ketidakpastian akan selalu ada yang semakin lama akan semakin tinggi dan tidak ada yang dapat memastikannya. Permasalahannya saat ini adalah Bagaimana mempersiapkan SDM untuk Era Revolusi Indonesia.

Aacara selanjutnya dengan Narasumber Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum Prof. Dr. Hendri Subiakto, dengan paparan “Damai Dengan Covid-19, Produktif Tapi Aman”

Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa akan muncul kebijakan-kebijakan untuk pelaksanaan New Normal yang akan diterapkan di masing-masing lembaga sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah. Untuk itu kita perlu berdamai dengan situasi yang terjadi. Semua Negara Tidak ada yang punya pengalaman tentang pandemi yang terjadi saat ini, semuanya “Learning by doing”

Acara Webinar ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dari peserta Webinar kepada Narasumber yang dipimpin oleh moderator. Semua peserta Webinar sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan. Dari para penanya dan pertanyaan yang diajukan, terlihat bahwa peserta Webinar ini diikuti oleh berbagai profesi seperti guru, dosen, pelaku dunia usaha dan pegawai. Karena waktu yang terbatas, pertanyaan juga diajukan melalui fasilitas chat yang tersedia.

Acara Webinar Selesai jam 12.08 WIB dan ditutup dengan pelatihan menggunakan aplikasi Canva untuk peserta Webinar untuk mendesain logo perusahaan.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *