WEBINAR PROPOSAL PENELITIAN MEMBAHAS TENTANG KAJIAN SUMUT SMART PROVINCE (SSP) DARI SEGI BIDANG TEKONOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Medan – Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan mengadakan kegiatan Webinar Proposal Penelitian pada hari Rabu, 22 Juli 2020. Diikuti oleh 30 peserta yang merupakan akademisi, peneliti, penggiat TIK, pejabat struktural dan fungsional dari LPPM UNIMED, USU, UMA, Diskominfo Kab. Mandailing Natal, Diskominfo Provinsi Sumatera dan BBPSDMP Kominfo Medan.

Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber yaitu, Bambang Dwi Anggono (Direktur Layanan Aplikasi Informatika, Ditjen Aptika Kementerian Kominfo) dan Dr.Wing Wahyu Winarno,MAFIS,Ak.,CA. (Tim SPBE Kemenpan-RB/Tim Tenaga Ahli Penyusunan Renstra Yogyakarta Smart Province) dan Plt. Kadis Kominfo Provsu yang diwakili oleh M. Alfian Jauhari selaku Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi di Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Irbar Samekto memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi webinar proposal penelitian yang mengusung tema “Efektivitas Sumut Smart Province; Lompatan Layanan E-Government yang Ideal dalam Kondisi Normal Baru dan Landasan Menuju Era Revolusi Industri 4.0”. Pemilihan tema ini merupakan pencermatan terhadap bagaimana implementasi SSP ke masa depan dalam kondisi normal baru dan revousi industri 4.0, terutama pengembangan aplikasi dan infrastruktur, konten komunikasi dan informasi serta dukungan model SDM TIK yang ideal.

Judul proposal penelitian yang disajikan dalam webinar kali ini antara lain; Dari bidang TIK mengkaji “Analisis Strategi TIK Sumut Smart Province Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5” yang dipaparkan oleh Moh. Muttaqin (Peneliti Muda) serta dari segi bidang komunikasi mengkaji “Manajemen Komunikasi Pemprovsu untuk Meningkatkan Partisipasi Pemerintah Kab/Kota dalam Pengelola Sumut Smart Province” oleh Idawati Pandia (Peneliti Muda).

Banyak masukan yang diterima penyaji dari para narasumber, salah satunya dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara yang mendukung penuh penelitian ini agar dapat bermanfaat bagi banyak pihak pada umunya dan bagi Pemerintah Sumatera Utara pada khususnya. Masukan-masukan dari para narasumber dan undangan diharapkan dapat memberikan makna dan arahan terhadap peningkatan kualitas penelitian yang muaranya kepada sasaran strategis Kementerian Kominfo. LF

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *