BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Pengenalan Pelatihan TIK untuk Kelompok PKK

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan menggelar Pengenalan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan tema “Internet Sehat dan Produktif”. Kegiatan ini diselenggarakan khusus untuk kelompok kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kec. Medan Tembung, Medan Perjuangan dan Medan Timur. Acara ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 10 s.d. 12 Januari 2022 di ruang Galeri BBPSDMP Kominfo Medan.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan harapannya. “Kita menyadari bahwa kehadiran urgensi kelompok PKK sebagai peserta literasi digital sudah dimulai dari tahun 2003. Harapan kami adalah bagaimana seluruh masyarakat/komunitas termasuk ibu-ibu PKK bisa melihat kejadian-kejadian ke depan di bidang teknologi informasi dan dampaknya terhadap perkembangan dunia digital,” ucapnya.

Para peserta yang hadir mendapatkan pelatihan dari instruktur agar bisa berinternet sehat dengan memahami aspek hukum siber, penggunaan aplikasi content filtering, pemanfaatan media sosial untuk internet marketing dan pembuatan materi promosi produk dengan aplikasi Canva.

Walau beberapa ibu-ibu PKK ini sudah berusia lanjut, mereka sangat antusias untuk mendapatkan keterampilan baru yang mulai memanfaatkan internet untuk menambah income bagi rumah tangganya, dan turut mengedukasi dan mengawasi anggota keluarganya berinternet secara sehat. “Kegiatannya bagus sekali, kalau bisa sering-sering karena kita ibu-ibu PKK inikan semuanya Ibu rumah tangga, jadi jelas banyak yang kurang paham dengan media sosial ini,” ujar Siti Zubaidah.

Lebih lanjut, Siti menyampaikan harapannya. “Harapannya bisa lebih bijak dan lebih tanggap lagi dalam penggunaan internet, bisa mengerjakan apa saja  melalui internet”.

Diakhir acara para peserta mengharapkan mereka dapat mengikuti program pelatihan lain yang diadakan BBPSDMP Kominfo Medan, terutama pelatihan Digital Enterpreneur Academy yang secara khusus dapat mempersiapkan mereka berjuan online.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *