Bimtek Literasi TIK Bagi Kaum Perempuan di Kabupaten Pakpak Bharat

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo (BBPSDMP) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menyelenggarakan Bimtek Literasi bagi Kaum Perempuan di Kota Salak Kabupaten Pakpak Bharat pada tanggal 25 s/d 26 Januari 2018 di Aula Bupati Pakpak Bharat. Bimbingan Teknis ini dibuka secara resmi oleh Sekda Pakpak Bharat, Sahat Banurea S.Sos dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pakpak Bharat, Arianto Tinambunan, Kabid Pengembangan SDM BBPSDMP Kominfo Medan, Abdul Rahman Harahap, S.Sos, M,Si.

Bimtek Literasi TIK bagi Kaum Perempuan ini dihadiri oleh 40 Peserta yang berasal dari Ibu PKK, Majelis Taqlim dan Kader Desa yang berasal dari Kecamatan Salak, Kecamatan Tinada dan Kecamatan Kerajaan. Dalam sambutannya Sekda Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos mengatakan Bimtek Literasi TIK ini memilih sasaran kaum Perempuan karena kaum perempuan terutama kaum Ibu dapat mengawasi anak anak dan remaja dalam menggunakan internet agar dalam menggunakannya secara baik dan bertanggung jawab sehingga manfaat internet dapat mereka rasakan. Diharapkan upaya meningkatkan kualitas SDM kaum Perempuan dapat berimbas positif juga kepada peningkatan kualitas hidup dan peningkatan perekonomian rumah tangga.

Sementara itu Kabid Pengembangan SDM BBPSDMP Kominfo Medan, Abdul Rahman Harahap, S.Sos, Msi mengatakan di era globalisasi seperti saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi kekuatan perubahan terbesar dalam membuka pintu pengetahuan dan TIK juga memberikan banyak manfaat bagi kaum perempuan. dengan Bimtek Literasi ini diharapkan kaum Ibu dapat mengawasi anak anak dan remaja dalam menggunakan internet agar dalam menggunakannya secara baik dan bertanggung jawab sehingga manfaat internet dapat mereka rasakan.

Diharapkan upaya meningkatkan kualitas SDM kaum Perempuan dapat berimbas positif juga kepada peningkatan kualitas hidup dan peningkatan perekonomian rumah tangga. Kegiatan Bimtek Literasi TIK Bagi Kaum Perempuan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terutama kaum perempuan terhadap perkembangan TIK yang begitu pesatnya. Kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindari, masyarakat harus meningkatkan kapabilitasnya untuk dapat bersaing dalam perkembangan zaman.keunggulan kompetitif, perekonomian yang berbasis sumber daya alam yang tersedia, SDM berkualitas dan kemampuan IPTEK. (Ratna)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *