Dukung UMKM, BBPSDMP Kominfo Medan Kembali Gelar Pelatihan DEA di Banda Aceh

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si., dalam sambutannya berharap dengan pelatihan digital ini dapat memberikan inspirasi bagi pelaku UMKM untuk lebih berkembang sehingga ekonomi digital semakin kuat.

“Mudah-mudahan fasilitas pelatihan Digital Entrepreneurship Academy ini dapat memberikan suatu inspirasi bagi kemajuan usaha Bapak/Ibu, pelaku UMKM sekalian. Daerah yang terpencil, desa yang kecil, tanah yang kecil, rumah yang kecil bisa menghasilkan produk yang besar”, ujarnya di Aula Hotel Mekkah, Banda Aceh, Jum’at (27/05/2022).

Lebih lanjut, Irbar juga menjelaskan bahwa peningkatan di era digital dalam hal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) begitu cepat. Sehingga setiap tahun Indonesia dihadapkan dengan teknologi artificial intelligence, machine learning dan sebagainya. Cita-cita dari pemerintah Indonesia bahwa dengan bonus demografi diharapkan bisa mencapai 5 besar level ekonomi digital di dunia. Pemerintah dan Kementerian Kominfo terus membangun infrastruktur dari Sabang sampai Merauke dengan kekuatan fibre optic dan membangun akses jaringan dengan level 4G. Dengan pembangunan infrasuktur tersebut diharapkan ada interaksi dengan seluruh dunia, maupun secara nasional dan lokal.

Senada, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kota Banda Aceh, Bapak Fadhil, S.Sos, MM., dalam sambutannya menjelaskan bahwa dengan adanya persaingan globalisasi terhadap pertumbuhan ekonomi maka diperlukan solusi yang sangat cepat termasuk pada konsep bisnis. UMKM yang masih dilakukan secara konvensional tentu saja akan semakin ketinggalan sehingga dengan adanya fasilitas pelatihan DEA ini akan membuat transaksi bisnis berjalan lebih baik dengan teknologi dan digitalisasi. Selain itu Fadhil juga mengapresiasi antusias masyarakat kota Banda Aceh dalam mengikuti kegiatan pelatihan.

“Apresiasi yang tinggi untuk Kota Banda Aceh dengan antusiasnya mengikuti kegiatan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan salah satu pelatihan dari Digital Talent Scholarship (DTS) dari Kementrian Kominfo”, ungkapnya

Diketahui, kegiatan yang dilaksanakan tanggal 27-28 Mei 2022 tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Layanan Hubungan Media dan Penyelenggaraan Smart City Dinas Kominfo dan Statistik Kota Banda Aceh, Nourchalis, S.E., Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Muda Bahlia, SE, M.Si., Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banda Aceh, T. Taufik Mauliansyah, S.Si.T M.Si.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *