Fasilitasi Bimbingan Teknis dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Indonesia Di Kota Binjai

      Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Binjai Dan LSP Komputer melaksanakan fasilitasi sertifikasi SKKNI bidang Kominfo bagi angkatan kerja muda di Kota Binjai. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari dimulai tanggal 8-12 Oktober 2019 bertempat di SMK Tunas Pelita Binjai dan diikuti oleh 71 peserta yang merupakan lulusan SMK, D1, D2,D3 bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berasal dari wilayah Kota Binjai dan sekitarnya. Skema yang diujikan dalam kegiatan kali ini adalah Junior Programming, Junior Networking, Junior Technical Support dan Junior Graphic Design. Tujuan kegiatan ini adalah membantu angkatan kerja muda, khususnya lulusan sekolah menengah kejuruan bidang TIK dalam memperoleh sertifikat keahlian.

     Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Oktober 2019, yang dihadiri oleh Walikota Binjai yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Binjai, H. Ahmad Ilham, SH, M.AP, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.SI, Direktur LSP Komputer, diwakili oleh Taufik Akbar Fauji, Kepala Sekolah SMK Tuna Pelita Binjai, Emri Yurizal, S.Pd, Ketua Tim Leader  Binjai Smart City, Ing Heru Pranoto, ST.,M.Sc dan  para Instruktur.

   Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, “Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sangat penting bagi angkatan kerja muda, khususnya di Kota Binjai dan sekitarnya. Karena generasi muda yang sekarang pada tahun 2030 yang akan menjadi leadership di Kota Binjai, tentunya juga akan mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Jumlah angkatan kerja Indonesia saat ini cukup besar tapi itu merupakan bonus demografi. Oleh karena itu peningkatan pengembangan SDM bidang TIK mutlak diperlukan dalam rangka menghadapi perkembangan global menuju ekonomi berbasis digital. Selain kegiatan sertifikasi SKKNI, Kementerian Kominfo juga melakukan kegiatan Digital Talent Scholarship (DTS) yang juga untuk meningkatkan kualitas SDM bidang TIK berbasis kompetensi yang mana hal ini merupakan kunci peningkatan daya saing nasional di era global. Melihat pentingnya kegiatan sertifikasi SKKNI bidang TIK ini, peserta diharapkan dapat serius mengikuti kegiatan ini sehingga nantinya memiliki kompetensi dan sertifikat”.

      Fasilitasi sertifikasi SKKNI ini dibuka secara resmi oleh Walikota Binjai yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Binjai, H. Ahmad Ilham, SH,M.AP, dalam sambutannnya mengatakan, “Kegiatan bimtek dan sertifikasi SKKNI bagi angkatan kerja muda bidang TIK di kota Binjai ini sangat penting untuk mempersiapkan SDM yang ada yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan tingkah laku bidang TIK yang bersertifikasi SKKNI. Melalui kegiatan ini diharapkan angkatan kerja muda Kota Binjai dapat memanfaatkannya untuk mendukung pencarian lapangan pekerjaan. Dihimbau kepada semua peserta dagar apat mengikuti dan memanfatkan kegiatan ini dengan baik. Saya juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada BBPPSDM Kominfo Medan yang telah melakukan kegiatan ini di Kota  Binjai”.

   Kepala Sekolah SMK Tunas Pelita Binjai, Emri Yurizal, S.Pd mengharapkan agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena akan memberikan bekal pengetahuan bagi mereka untuk memiliki kesiapan skill dalam memasuki lapangan pekerjaan. Saat ini Kota Binjai terus melakukan penerapan konsep “Smart City”, yaitu sebuah kota cerdas yang mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Untuk meraih masa depan yang lebih baik perlu dilakukannya kolaborasi antara dunia industri, akedemisi dan masyarakat untuk mengidentifikasi permintaan dan ketersediaan skill bagi era digital di masa depan.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *