Fasilitasi Sertifikasi SKKNI Bidang Kominfo Bagi Angkatan Kerja Muda Di Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan

   BBPSDMP Kominfo Medan melaksanakan Sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK bagi Angkatan Kerja Muda di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, 20/08/2019, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari bertempat di SEM Hotel Teluk Dalam dan diikuti oleh peserta yang merupakan lulusan SMK, D3, dan S1 bidang TIK yang bukan hanya berasal dari Teluk Dalam saja, melainkan juga berasal dari daerah lain bahkan dari luar pulau Nias. Skema yang diujikan antara lain, Junior Technical Support, Junior Networking, Graphic Design, dan Junior Programming.

      Acara pembukaan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Nias Selatan, Bapak  Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H., Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Nias Selatan, Bapak Deri Dohude, S.Ag., MM., dan Direktur LSP Komputer, Bapak Satria Gunayoman.

       Laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias Selatan, Bapak Dery Dohude, dalam laporannya disebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya SKKNI saja, melainkan ada empat kegiatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan yaitu Sosialiasi Dampak IT yang dilaksanakan di 2 (dua) lokasi yaitu SMPN 1 Teluk Dalam dan SMPN 1 Lolowao, dan terakhir adalah Pelatihan Dasar Komputer dan Internet bagi ASN dalam lingkup Pemkab Nias Selatan.

        Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, siswa-siswi dan juga para ASN di lingkungan Pemkab Nias Selatan mampu berinternet secara kritis, sehat, dan aman, juga diharapkan mampu mengoperasikan perangkat komputer dan jaringan.

       Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan pada sambutannya mengatakan “Indonesia harus melihat MEA sebagai peluang yang terbuka untuk memperbaiki kualitas SDM yang ada dengan meningkatkan daya saing dan juga menyediakan pendidikan. Perkembangan TIK tidak hanya pada satu bagian saja bahkan telah berkembang di berbagai lini dan sektor kehidupan. Seperti otomatisasi, Artifisial Intelegensia, Internet of Things dan sebagainya yang dimana kita dipaksa untuk dapat mengembangkan SDM kita agar nantinya dapat dengan mudah menghadapi kemajuan teknologi pada bagian-bagian tersebut”.

    Selanjutnya Bupati Nias Selatan Bapak Hilarius Duha dalam sambutannya mengatakan “ Tumbuhnya Industri Teknologi Informasi di Indonesia memunculkan kebutuhan tenaga kerja yang cukup signifikan, terutama di sektor industri kesehatan, pertambangan, ritel, dan energi. Penggunaan teknologi informasi untuk melihat kebutuhan konsumen dan tren yang terjadi menjadi hal yang krusial dalam meningkatkan efisien dan daya saing perusahaan ”. Sebelum membuka kegiatan di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan secara resmi, Bapak Hilarius Duha menambahkan, “Bahwa dengan adanya kegiatan fasilitasi sertifikasi ini diharapkan, angkatan kerja muda Kabupaten Nias Selatan harus siap menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dan komprehensif”.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *