Fasilitasi Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Di Kabupaten Padang Lawas Utara

             Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan menggelar Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi angkatan kerja muda bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), di Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara, pada 24-28 September 2019. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara, penyelenggaraan kegiatan ini adalah yang kesepuluh kalinya dilaksanakan oleh BBPSDMP Kominfo Medan pada tahun 2019, setelah sebelumnya diadakan di beberapa kabupaten/kota, yakni Deliserdang, Aceh Besar, Tebing Tinggi, Asahan, Takengon, Nias Selatan, Bukittinggi, Tarakan, dan Batam.

           Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta lulusan SMK bidang TIK  yang berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara dan sekitarnya ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Lawas Utara, H. Hariro Harahap, SE, M.Si. Dalam sambutannya, Hariro menyampaikan bahwa Padang Lawas Utara memiliki komitmen dalam peningkatan keterampilan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang TIK, khususnya bagi aparatur dan angkatan kerja muda, dalam mencapai visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023; dan penyelenggaraan bimtek dan sertifikasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengejar ketertinggalan generasi muda pada keahlian, keterampilan, dan pengetahuan bidang TIK. Tidak hanya itu, sertifikasi ini juga merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi peserta, agar mampu memenuhi tuntutan industri dan bersaing dalam pasar kerja nasional dan internasional.

          Pada kesempatan yang sama, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, juga mengajak para peserta agar dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya untuk menguji kompetensinya. Dari kegiatan ini diharapkan dapat terwujud SDM bidang TIK yang kompeten dan tersertifikasi, yang diperlukan dalam rangka percepatan peningkatan SDM bidang kominfo dalam menghadapi ekonomi digital.

          Dalam pelaksanaannya, bimtek dan sertifikasi yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Padang Lawas Utara ini melalui beberapa tahapan, yaitu pembekalan oleh instruktur, pemaparan materi uji kompetensi oleh Tim Asesor LSP Komputer Jakarta, Pre Assesment, registrasi online, uji kompetensi, dan pembekalan entrepreneurship. Kali ini, bimtek dan sertifikasi dilaksanakan untuk skema Junior Networking, Junior Programming, Junior Graphic Design, dan Junior Technical Support.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *