Konsinyering Penyusunan Program Kerja BBPSDMP Kominfo Medan Tahun 2020

    Dalam rangka mendukung pelaksanaan program kerja BBPSDMP Kominfo Medan tahun 2020, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan konsinyering program kerja Tahun 2020 di Hotel Miyana, Jl. H. Anif No. 28, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 9-10 Januari 2020, dan dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan BBPSDMP Kominfo Medan, dengan tujuan untuk menyusun dan mengoordinasikan program kerja setiap bidang pada trimester pertama.

    Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, membuka kegiatan ini dengan memberi arahan mengenai peran penting Kementerian Kominfo dalam perkembangan komunikasi dan informatika nasional. Untuk itu, Kementerian Kominfo dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan peningkatan kecepatan, kecermatan, kedisplinan, dan keikhlasan dalam bekerja.

    Dalam pelaksanaannya, kegiatan konsinyering ini diisi dengan pemaparan rencana kerja setiap bagian/bidang pada trimester pertama. Bagian Tata Usaha yang menangani urusan administrasi, menyampaikan rencana penerbitan SK, pengelolaan surat masuk dan surat keluar serta arsip dan dokumen lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan operasional instansi. Bidang Pengembangan SDM memaparkan rencana pelaksanaan Digital Talent Scholarship (DTS) dan Bimtek Literasi TIK, dalam hal jadwal dan lokasi penyelenggaraan, serta strategi yang dilakukan untuk mencapai target jumlah SDM TIK tersertifikasi sebanyak 1500 orang pada tahun 2020. Selain itu, bidang ini juga akan membentuk tim pengawas pelaksanaan DTS tersebut, yang akan berjalan secara serentak mulai tanggal 1 April 2020, di lima wilayah kerja BBPSDMP Kominfo Medan. Bidang Penelitian Kominfo memaparkan beberapa program kerjanya, di antaranya adalah pelaksanaan dua kegiatan penelitian pada tahun 2020, yaitu Survei Penggunaan TIK serta Implikasinya Terhadap Aspek Pendidikan, Ekonomi, Sosial, dan Budaya Masyarakat, dan penelitian Rencana Strategis TIK Bagi Pemerintah Daerah. Selain itu, Bidang Penelitian juga memaparkan timeline pengelolaan Jurnal PIKOM sebagai media publikasi ilmiah bagi para peneliti dan akademisi, rencana penerbitan policy brief yang akan menghasilkan output laporan setiap bulannya, serta penjaminan mutu penelitian sesuai dengan aturan dan SOP yang telah tercantum dalam dokumen KNAPPP.

     Dengan adanya pelaksanaan konsinyering ini diharapkan program-program kerja BBPSDMP Kominfo Medan yang telah disusun dapat menjadi lebih matang dan dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *