Konsinyering Penyusunan Program Kerja Tahun 2021 BBPSDMP Kominfo Medan

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program kerja tahun 2021, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Konsinyering Program Kerja Tahun 2021 pada Jumat-Sabtu 08-09 Januari 2021 di Pancur Gading Hotel dan Resort, Deli Serdang. Kegiatan konsinyering ini dihadiri oleh seluruh Pegawai baik Koordinator dan Sub koordinator, pejabat fungsional tertentu dan fungsional umum, serta Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan BBPSDMP Kominfo Medan. Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Konsinyering Program Kerja Tahun 2021 adalah untuk melakukan penyusunan dan koordinasi terkait program kerja masing-masing bagian maupun bidang yang ada di BBPSDMP Kominfo Medan pada tahun 2021.

Kegiatan konsinyering dibuka oleh Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si selaku Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan. Kepada seluruh pegawai, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan mengingatkan kembali pesan Menteri Kominfo Johnny G. Plate kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hari Budiarto agar berperan aktif membangun ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta-talenta digital di Indonesia. Pengembangan talenta digital di Indonesia tentunya dimulai dengan mengembangkan talenta digital di Kementerian Kominfo itu sendiri.

BBPSDMP Kominfo Medan sebagai salah satu UPT Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  harus menyiapkan program kerja yang menjadikannya sebagai center of excellence SDM digtal Indonesia sesuai dengan kebutuhan transformasi digital  nasional. Agar SDM yang ada menjadi go nasional, go regional dan go Internasional yang diwujudkan dengan kolaborasi bersama seluruh  unit kerja yang ada di Kementerian Kominfo dan juga berkolaborasi dengan lembaga di Kementerian yang terkait dalam rangka menuju Indonesia Bertalenta Digital, Indonesia Terkoneksi Dan Indonesia Maju.

Dalam agenda tersebut, Sub Koordinator Umum, Parluhutan Siregar, S.Sos, menyampaikan kegiatan rutin bagian Tata Usaha dalam menangani urusan administrasi, menyampaikan rencana penerbitan SK, pengelolaan surat masuk dan surat keluar serta arsip dan dokumen lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan operasional instansi. Melakukan inventaris Barang Milik Negara (BMN) serta Daftar Barang Ruangan (DBR).

Selanjutnya Kepala Bidang Penelitian Kominfo, Budiman S.Sos, memaparkan penelitian yang dimanfaatkan untuk mendukung kebijakan dan pengembangan bidang Kominfo di wilayah kerja BBPSMDP Kominfo Medan yang sudah terealisasi, yakni  penelitian yang berjudul Manajemen Komunikasi Pemprov Sumatera Utara untuk Meningkatkan Partisipasi Pemerintah Kab/kota dalam Pengelolaan Sumut Smart Province dan penelitian yang berjudul Analisis Strategi TIK dalam Implementasi Sumut Smart Province Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5. Capaian lainnya berupa publikasi ilmiah dalam bentuk elektronik jurnal, yakni Jurnal PIKOM Pembangunan (2 volume) target tercapai.

Untuk tahun 2021 disampaikan rencana penelitian indikator TIK di wilayah kerja BBPSDMP Kominfo Medan dan penelitian kontribusi media sosial di masa pandemi dalam membangun ekonomi digital.

Program lainnya yang direncanakan oleh bidang Penelitian Komunikasi dan Informatika adalah policy brief (analisis opini publik), penerbitan jurnal, publikasi dan diseminasi hasil penelitian, penatalaksanaan proses dan pemeliharaan akreditasi serta asessmen dan penjaminan mutu.

Konsinyering juga diisi dengan paparan dari bidang Pengembangan SDM yang disampaikan oleh Kasubbid Pengembangan SDM TIK, Yusrizal, S. Kom, M. Eng, yang berisi Pelayanan TIK Bagi Masyarakat pada tahun 2020 berupa pelatihan / Bimtek / Webinar pengenalan TIK bagi ibu-ibu, dan anak-anak serta komunitas di wilayah kerja tercapai 75% atau 563 peserta. Rencana kerja bidang Pengembangan SDM tahun 2021 rencana lokasi SKKNI bidang TIK dan rencana Bimtek Literasi TIK di sejumlah daerah wilayah kerja. Dengan adanya konsinyering ini diharapkan program kerja BBPSDMP Kominfo Medan dapat berjalan sesuai timeline dan target capaian yang sudah direncanakan.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *