PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN WEBSITE BAGI OPERATOR DESA DAN SISWA SMU

Balai Besar  Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Pelatihan  Pembuatan dan Pengembangan Website Menggunakan Content Management System (CMS) WordPress  Bagi Operator Desa dan Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) pada Selasa, 17 Februari 2020, di Aula BBPSDMP Kominfo Medan. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi  pengelola website, khususnya operator desa di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dan operator kelurahan di Kecamatan Medan Timur Kota Medan serta para pelajar SMU yang berasal dari dua kecamatan tersebut.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penting bagi operator desa untuk memahami pembuatan dan pengembangan website, dan diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, operator desa dapat membuat sekaligus mengisi konten website desa tersebut, sehingga seluruh informasi, berita dan program-program desa, dapat dipublikasikan lebih luas.

Pelatihan yang diikuti oleh 42 orang peserta ini dilaksanakan dalam bentuk teori dan praktik, dengan dibimbing oleh dua orang instruktur, yaitu Alex Siregar, S.Kom dan Fachri Auliansyah, S.Kom. Materi yang diajarkan adalah cara membuat website dan database, memperbaharui data ,serta menambahkan berita.

Pelatihan diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test untuk melihat kemampuan awal dan akhir peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan peserta setelah mengikuti pelatihan.

Kegiatan ini ditutup oleh Kabid Pengembangan SDM Kominfo BBPSDMP Kominfo Medan, Bapak Abdul Rahman Harahap, S.Sos., M.Si.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *