Pelatihan Video Editing Untuk Sarana Pembelajaran Daring Bagi Guru

Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Video Editing untuk sarana pembelajaran daring bagi guru. Kegiatan ini dihadiri oleh bapak/ibu guru yang berasal dari SMP Islam Al-Ulum Terpadu Tuasan, SMP Negeri 27 Medan, SMP Negeri 35 Medan, SMP Methodist 9 Medan, MTSN 2 Medan dan Yayasan HKBP Sidorame Medan. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Galeri BBPSDMP Kominfo Medan dengan mengikuti protokol kesehatan , Rabu (17/3).

Pelatihan video editing ini secara resmi dibuka oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan, “Indonesia luas sekali dari Sabang sampai Merauke, sedangkan internet saat ini telah mendunia dan menjadi dua bagian mata pisau yang tajam. Dalam hal ini, Kominfo sudah membangun infrastruktur yang cukup luas dari pulau Sabang sampai Merauke, hanya tinggal beberapa desa lagi yang belum memperoleh fasilitas tersebut secara utuh. Saat ini pemerintah sedang dalam proses menghadirkan teknologi 4G di daerah pedesaan. Tujuannya untuk mempemudah penyampaian informasi maupun proses pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diterima oleh masyarakat perdesaan.  Perkembangan digital akan terus berjalan seiring dengan tujuan revolusi 4.0. Secara keseluruhan akan ada perubahan yang cukup besar, saat ini ada perubahan dalam bidang komunikasi, tidak hanya komunikasi manusia dengan manusia tetapi mesin dengan manusia, manusia dengan mesin, dan mesin dengan mesin. Walaupun beberapa tools sudah digital, tapi kebanyakan masih dikerjakan secara manual. Kalau tidak migrasi ke digital maka sistem akan macet total, sehingga informasi dan komunikasi tidak akan berjalan lancar”.

Lanjutnya lagi, “Bapak/ibu sekalian dengan adanya pelatihan video editing ini diharapkan akan memberikan manfaat kepada para murid, karena pada saat pandemi  bapak/ibu sekalian mengajar menggunakan video. Inilah peran guru-guru sekarang pada masa pandemi, dimana belajar dilakukan secara daring. Walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara singkat, mudah-mudahan bisa memberikan dorongan atau motivasi kepada Bapak/ibu untuk memberikan materi melalui video kreatif kepada para murid”.

kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan Pelatihan Video Editing untuk Sarana Pembelajaran Daring Bagi Guru ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat lainnya.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *