PENGENALAN TIK BAGI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT

      Balai Besar Pengembagan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Medan selama 2 (dua) hari pada tanggal 12-13 April 2017 di Aula BBPSDMP Kominfo Medan, Jln.Tombak No. 31 Medan.

      Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto M.Si, Kepala BPSDMP Kominfo Jakarta Drs. Parulian Sitompul, MA, Kepala BPSDMP Kominfo Bandung Dra. Betty Djuliati, Kepala BPSDMP Manado yang diwakili Marthen L.Rondunowo dan peserta Kelompok Informasi Masyarakat Kota Medan, Kamis, 12 April 2018.

       Kegiatan  pengenalan TIK kepada kelompok masyarakat Kota Medan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto M.Si, dalam sambutannya mengatakan Kelompok Informasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi dan saling bersinergi terutama dalam menyampaikan informasi untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. Kedepan pekembangan TIK semakin dinamis, cepat terbuka kepada masyarakat begitu juga dalam pelayanan e-government.

     Dalam laporan yang dibacakan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Abdul Rahman Harahap, S.Sos, M,Si dalam laporanya  menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman kelompok infomasi masyarakat (KIM) dalam pemanfaatan TIK khususnya internet secara sehat dan aman dengan upaya  BBPSDMP Kominfo Medan membangun aksi positif  didunia maya.

      Dengan menghadirkan Instruktur berasal dari BBPSDMP Kominfo Medan dan instruktur dari Kabupaten Kota yang merupakan  lulusan Pelatihan Training of Trainer (ToT), angkatan I BBPSDMP bekerjasama dengan BBPTIK Cikarang. Materi yang disampaikan antara lain,penggunaan perangkat TIK, menggunakan search engine, aplikasi konten filtering, dan penggunaan aplikasi media sosial.

        Kegiatan tersebut ditutup Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto M.Si yang diwakili Ketua Panitia Penyelenggara Abdul Rahman Harahap, S.Sos, M,Si. Diharapkan dengan diselenggarakan pengenalan TIK tersebut dapat meningkatkan kapasitas anggota KIM baik secara perseorangan maupun berkelompok dalam mengakses dan mengimplementasikan. Serta membangun jejaring dan mendeseminasikan informasi kepada pihak yang membutuhkan dalam rangka meningkatkan perekonomian.(marta)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *