Seminar Hasil Penelitian BBPSDMP Kominfo Medan di Kabupaten Deli SerdangTahun 2020

       Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan menggelar Seminar Hasil penelitian BBPSDMP Kominfo Medan Tahun 2020 di Hotel Miyana, Kabupaten Deli Serdang, Senin, 30 November 2020. Dengan mengusung tema “Efektivitas Sumut Smart Province, Lompatan Layanan E-government Yang Ideal Dalam Kondisi Normal Baru Dan Landasan Menuju Era  Revolusi Industri 4.0”. Tujuan kegiatan seminar ini adalah sebagi diseminasi hasil penelitian dan media berbagi informasi tentang berbagai strategi peningkatan kemampuan peneliti dan penerapan hasil-hasil penelitian dalam pembuatan kebijakan secara nasional  maupun OPD daerah. Seminar  tersebut  dihadiri Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, para fungsional peneliti di lingkungan BBPSDMP Kominfo Medan, Badan Litbang Daerah, LPPM Perguruan Tinggi di Kota Medan, OPD Provinsi dan OPD kabupaten/kota lokasi sampel serta organisasi TIK seperti Gradasi dan Relawan TIK, dan sebagai reviewer menghadirkan Ibu Dr. Dra. Hj. Nina Siti Salmaniah Siregar, M.Si, dosen pasca sarjana di Unimed.

       Kegiatan seminar  hasil penelitian ini dibuka secara resmi oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs.  Irbar Samekto, M.Si dalam  sambutannya  menyampaikan pemaparan mengenai “SDM TIK Dalam Transforming Digital E-Goverment Pada Adaptasi Kebiasaan Baru”. Dalam paparannya beliau menyampaikan, Insight (sejenis robot penjelajah), akan meneliti interior Mars dan akan memberi ilmu sains yang berharga saat kami mempersiapkan astronot ke bulan dan kemudian Mars, yang berjarak 481,6 juta kilometer dan akan menjadi rumah kedua penduduk bumi. Peryataan  tersebut  untuk memposisikan  betapa  peran  peneliti  amatlah  penting  manakalah hasil penelitian tersebut bermanfaat bagi lembaga/industri maupun masyarakat dan pemerintah pun mendukung dalam bentuk pengakuan serta anggaran penelitian yang lebih dari memadai. Saat ini, seiring dengan penggunan teknologi 5 G, teknologi digital telah memasuki barbagai  sisi kehidupan manusia, dengan kondisi demikian memberikan kesempatan metamorposis profesi peneliti menjadi digital researcher (peneliti digital). Peneliti digital ini diharapkan dapat menjawab  tantangan Presiden RI Bapak Joko Widodo, tentang pemanfaatan lembaga riset agar  menghasilkan outcome hasil penelitian yang bernilai inovasi pada bidang teknologi, maka untuk pencapaian  tujuan  tersebut dibutuhkan penguatan kompetensi peneliti bidang kominfo yang diharapkan dapat beradaptasi terhadap era disrupsi dan kehadiran revolusi industri 4.0.

Seminar ini menghadirkan 2 (dua) orang penyaji yang menyampaikan materi:

  1. Muttaqin, ST., M.Eng: Analisis Strategi TIK Dalam Implementasi Sumut Smart Province menggunakan kerangka kerja COBIT 5.
  2. Idawati Pandia, S.Sos: Manajemen Komunikasi Pemprovsu Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Pengelolaan Sumut Smart Province.

         Forum seminar diawali dengan pemaparan hasil studi oleh penyaji dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta dan kemudian ulasan oleh pakar/reviewer. Dengan seminar ini diharapkan menjadikan hasil-hasil penelitian sebagai masukan penyusunan dan penyempurnaan kebijakan, dapat berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial budaya khususnya bidang kominfo.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *